130 Taruna AAL Tingkat 1 Berlayar Perdana Naiki KRI Dewaruci dan KRI Surabaya

oleh -147 views

 

Surabaya, (18/3).Arungi laut kali pertama, 130 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat l Angkatan ke-69 berlayar perdana dengan menaiki kapal legendaris KRI Dewaruci dan KRl Surabaya-591 dalam Latihan Praktek Prajalasesya yang dilepas Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han), Kamis (18/3).

Satuan Latihan (Satlat) Prajalasesya tahun 2021 ini, diberangkatkan di dermaga Madura Koarmada II, Ujung, Surabaya. Tampak hadir mendampingi Gubernur AAL, Dirdik AAL Kolonel laut (P) Sawa, Dirlog AAL Kolonel Laut (T) Jusep Wildan dan Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Arief Budiman.

Hadir juga Kadeppel AAL Letkol Laut (P) Dodi Hermawan, Kadeptek AAL Kolonel Laut (T) Muhamad Suprapto, Kadeplek AAL Kolonel Laut (E) Muhammad Aziz, Kadeplai AAL Kolonel Laut (S) Budi Wijaya Affandi, Kadepmar AAL Letkol Marinir Datuk Sinaga, para pengasuh dan perwakilan Taruna senior.

Sementara itu dari Koarmada ll tampak hadir Pangkoarmada ll Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, Kas Koarmada ll Laksma TNI Dafit Santosa, Kapoksahli Koarmada II, Irkoarmada II, para Asisten Pangkoarmada ll dan Kasatker dijajaran Koarmada ll lainnya

Menurut Gubernur AAL Latihan Praktek (Lattek) Prajalasesya merupakan latihan pengenalan pelayaran bagi Taruna/Taruni Tingkat I Akademi Angkatan Laut yang telah ditetapkan dalam Prolakdik AAL tahun 2021, dengan rute perjalanan Surabaya–Tarakan– Surabaya selama 14 hari.

“Tujuan dari Lattek Prajalasesya ini adalah untuk memperkenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL dan Kehidupan Dinas Dalam di KRI pada saat berlayar serta menumbuhkan jiwa bahari dan kejuangan prajurit matra laut,” kata Gubernur AAL.

Selama melaksanakan Prajalasesya ini lanjutnya, Taruna Tingkat I Angkatan ke-69 akan dikenalkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keangkatanlautan, seperti PUDD dan tradisi Khas TNI AL, data-data teknis dan jenis Peran di KRI, alat-alat kebaharian dan organisasi di KRI serta navigasi, persenjataan, permesinan dan sistem keselamatan di kapal.

“Melalui latihan Prajalasesya ini, saya berharap para Taruna mampu menghayati bahwa laut merupakan media pemersatu bangsa, dimana TNI AL mempunyai tugas menjaga dan mengamankannya, melalui latihan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa bahari pada setiap pribadi Taruna, oleh karena itu manfaatkanlah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” pesan Gubernur AAL.

Mantan Wakapuspen TNI ini juga menekankan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini agar dijadikan perhatian khusus oleh seluruh personel baik Staflat maupun Taruna Satlat Prajalasesya untuk selalu mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan 5 M yang sudah ditetapkan pemerintah.

No More Posts Available.

No more pages to load.