2 KRI KOLINLAMIL ANGKUT TARUNA AKADEMI TNI – POLRI USAI LATSITARDANUS XLI 2021

oleh -235 views

 

Jakarta, 27 April 2021, Satya Wira Jala Dharma. 2 kapal perang di bawah kendali Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banjarmasin 592 dan KRI Makassar 590 sedang lintas laut di Perairan Laut Jawa menuju Semarang, Selasa (27/4) mengangkut peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI tahun 2021 yang telah dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara.

Kedua kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) mengangkut para taruna Akademi TNI, yang terdiri dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian. Dan saat mengikuti pelayaran, mereka pun turut melaksanakan salat gaib dan doa bersama untuk para awak KRI Nenggala 402 yang “on eternal Patrol” di Perairan Selat Bali.

KRI Banjarmasin 592 yang berada dibawah kendali Satlinlamil 2 Surabaya dan KRI Makassar 590 (Satfib Koarmada II) sementara sedang Bawah kendali operasi (BKO) Kolinlamil akan debarkasi para taruna di Pelabuhan Semarang dan selanjutnya menuju pangkalan Surabaya untuk bersiap melaksanakan tugas selanjutnya.

Latsitardanus merupakan kegiatan kurikulum integratif taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian serta Mahasiswa, yang bertujuan menumbuhkembangkan jiwa dan semangat integrasi, meningkatkan etika, moral kejuangan taruna sebagai upaya membangun solidaritas TNI dan Polri, meningkatkan kemampuan akademik taruna.

Selain itu, memberikan wawasan kepada para taruna dengan mengenal suatu daerah sebagai bagian integral wilayah NKRI, memupuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui karya bhakti dan penyuluhan.
Kegiatan tersebut diikuti 801 peserta, 227 taruna Akmil, 101 taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), 91 taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) dan 282 taruna Akpol.

Latihan digelar di beberapa lokasi, yakni di Satlat-1/Macan di Kabupaten Simalungun, Satlat-2/Hiu di Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Satlat-3/Elang di Kota Tebing Tinggi, Deli Serdang, dan Satlat-4/Kijang di Kota Medan. Latsitarda ke-41 ini dimulai sejak tanggal 7 hingga 24 April 2021.

Sasaran pelatihan fisik ialah para taruna melakukan perbaikan rumah ibadah, fasilitas umum seperti poskamling, MCK umum, perbaikan drainase, rumah layak huni serta pengaspalan jalan dan pavingisasi.

Sementara pelatihan dengan sasaran nonfisik ialah para taruna melakukan berbagai kegiatan sosial berupa penyuluhan COVID-19, narkoba, kesehatan, penguatan desa atau kampung tangguh, penanaman nilai juang terhadap masyarakat, pengenalan Akademi TNI dan Akpol dan juga pelatihan drum band. (Dispen Kolinlamil).

No More Posts Available.

No more pages to load.