250 PEMUDA IKUTI DIKCABA DAN DIKMATA TNI AL UNTUK AWAK KAPAL PERANG RI

oleh -150 views

Setelah dinyatakan lolos seleksi penerimaan calon siswa, sebanyak 250 orang pemuda dan pemudi terbaik bangsa mengikuti Pendidikan Pertama calon Bintara dan Tamtama Prajurit Karir TNI Angkatan Laut tahun 2021 di Satdik 3 Kodiklatal Sorong selama enam bulan.  Sejumlah siswa ini terdiri dari 100 calon Bintara (87 pria dan 13 wanita) dan 150 calon Tamtama.

Pendidikan Pertama Bintara dan Tamtama Prajurit Karier TNI AL Angkatan ke-41 ini, dibuka secara resmi oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL, Laksamana Madya TNI Nurhidayat di lapangan upacara Mako Koarmada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Sorong, Papua Barat, Kamis (22/4/2021).

Bupati Pesawaran

Upacara pembukaan kedua jenis pendidikan tersebut dihadiri Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han), Komandan Korem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Dirdok Kodiklatal Laksma TNI Antongan Simatupang, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, dan sejumlah pejabat Forkopimda Sorong.

Menurut Komandan Kodiklatal bahwa pendidikan ini akan dilaksanakan selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap, yaitu Pendidikan Dasar Keprajuritan selama tiga bulan, Pendidikan Dasar Golongan satu bulan, dan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan selama dua bulan.

Pendidikan pertama ini ditujukan untuk mendidik dan membekali calon Bintara dan Tamtama TNI AL menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme Matra Laut dengan pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, kematraan serta spesialisasi sesuai kejuruan, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL dimanapun di tempatkan, baik di satuan operasional maupun di staf.