5 UNSUR KRI SATLINLAMIL 1 JAKARTA BERLATIH PROSKOMTIS TINGKATKAN PROFESIONALITAS

oleh -4 Dilihat

 

Jakarta, 4 Januari 2022 —— Untuk menyiapkan prajurit yang tangguh dan profesional, unsur-unsur KRI Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan komunikasi taktis dan berita taktis.

Latihan yang diikuti 5 kapal perang, diantaranya KRI Tanjung Kambani-971, KRI Mentawai-959, KRI Amboina-503, KRI Teluk Manado-537 dan KRI Teluk Hading-538 ini berlangsung di Dermaga Pondok Dayung Koarmada II dan Dermaga Beaching Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/1).

Dalam latihan tersebut sebagai penanggung jawab latihan (Officer Conducting Serial) dilimpahkan kepada KRI Tanjung Kambani 971. Latihan yang dilaksanakan seharian penuh tersebut disimulasikan KRI berada dalam suatu formasi pada saat melakukan lintas laut. Masing-masing unsur KRI melaksanakan pengiriman berita dengan Prosedur komunikasi taktis (BIMA-03) dalam melaksanakan formasi dasar manuvra taktis. KRI membentuk formasi untuk menghadapi beberapa simulasi ancaman dari kapal musuh sebagai pendukung aksi-aksi pertahanan dan menangkal serangan dalam konteks peperangan laut.

Para prajurit dengan bersungguh-sungguh berlatih tata cara komunikasi taktis dalam melaksanakan manuvra taktis dengan menggunakan panduan Buku Isyarat Manuvra Armada-03 (BIMA 03) sebagai buku petunjuk taktis dan sebagai referensi berkomunikasi taktis berisi tabel-tabel isyarat manuvra yang mayoritas menggunakan sandi-sandi angka serta sebagai pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan latihan-latihan KRI di lingkup Kolinlamil.

Peran komunikasi antar KRI dalam operasi-operasi TNI Angkatan Laut sangat vital dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas operasi. Oleh karena itu diperlukan latihan prosedur komunikasi taktis dengan dasar Buku Isyarat Manuvra Armada (BIMA) dalam melaksanakan komunikasi taktis antar unsur unsur KRI. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai refreshing atau menyegarkan kembali pengetahuan dan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh prajurit KRI, khususnya jajaran Kolinlamil.

Komandan Satlinlamil 1 Jakarta Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi mengatakan , pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas prajurit dalam melaksanakan prosedur komunikasi taktis yang handal guna mendukung kegiatan operasi dan latihan.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, seluruh pengawak KRI jajaran Kolinlamil dapat melaksanakan prosedur komunikasi taktis dan mengirimkan berita taktis dengan unsur-unsur KRI lain dalam suatu operasi maupun latihan. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.