5G berpotensi untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) dunia sebesar US$ 2,2 triliun

oleh -293 views

Global System for Mobile Communications Association (GSMA) sebagai asosiasi yang mewadahi kepentingan operator telekomunikasi di seluruh dunia, meminta pemerintah dari berbagai negara untuk melisensikan spektrum 6 Ghz. Tujuannya untuk memastikan keberhasilan impelentasi teknologi 5G.

“5G berpotensi untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) dunia sebesar US$ 2,2 triliun. Tetapi, ada ancaman nyata terhadap pertumbuhan ini jika spektrum 6 GHz yang mencukupi tidak tersedia untuk 5G,” kata Chief Regulatory Officer untuk GSMA, John Giusti, melalui siaran persnya, Sabtu (22/5/2021).

Menurut Giusti, kemampuan dan kecepatan penuh 5G tergantung pada spektrum mid-band 6 GHz. Namun demikian, pemerintah dari beberapa negara telah memilih keputusan lain.

“Pita frekuensi 6 GHz sangat penting tidak hanya bagi operator jaringan seluler dalam menyediakan jangkauan konektivitas yang lebih berkualitas untuk inklusi sosial yang lebih luas, tetapi juga untuk memberikan kecepatan dan kapasitas data yang menjadi kebutuhan kota pintar, transportasi, dan pabrik,” bebernya.

Giusti memperkirakan, jaringan 5G sangat membutuhkan spektrum mid-band 6 GHz hingga dekade mendatang guna menghadirkan seluruh potensinya. Kehadiran jaringan 5G, akan mengakselerasi transformasi digital semua industri dan sektor, serta membuka lebar gelombang inovasi baru.

“Teknologi ini sangat krusial dalam turut menjaga lingkungan dan mengantisipasi perubahan iklim berkat digantikannya karbon dengan konektivitas. Namun, untuk menjangkau semua pengguna, industri akan membutuhkan kapasitas ekstra yang ditawarkan oleh pita 6 Ghz,” jelas Giusti.

Untuk itu, GSMA menyerukan ke pemerintah berbagai negara, paling tidak menyediakan 6425-7125 MHz untuk teknologi berlisensi 5G, lalu memastikan layanan backhaul terproteksi, serta dalam kaitan dengan kebutuhan masing-masing negara, penggunaan saat ini dan fibre footprint, separuh bawah 6 GHz pada rentang 5925-6425 MHz dapat dibuka pada lisensi khusus dengan aturan teknologi yang netral.

No More Posts Available.

No more pages to load.