AAL Raih Third Runner-Up Diajang STTAL English Debate Competition 2021

oleh -297 views

 

AAL, Surabaya (10/3/2021).
Tim Akademi Angkatan Laut (AAL) berhasil meraih Trophy Third Runner-Up (Juara lV) pada ajang STTAL English Debate Competition 2021 yang diikuti 28 Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang berakhir Rabu petang (10/3).

Lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional yang digelar secara virtual selama dua hari dalam rangka Dies Natalis STTAL ke-55 tahun 2021 ini, didukung 17 Juri yang diketuai Mr. Rizal Kuddah, S.Pd. dari ITS bertempat di Gedung Marore Kampus STTAL Jl. Bumimoro Surabaya.

Tim AAL yang mengikuti vicon dari Gedung Galasa, Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Depiptek) AAL, Bumimoro, Surabaya ini, menurunkan dua tim dengan Sermadatar (P) Vania O. Simorangkir sebagai Advisor.

Tim AAL A yang berhasil meraih Third Runner- Up ini, bermaterikan Sertar (E) Gilang Pratama Bahari, Sertar (S) Daffa Agusta dan Sertar (S) Audrey Belinda Indria, sedangkan Tim B yang harus terhenti di Babak ke-3 Penyisihan, bermaterikan Sertar (P) Pranaditya Mirza Suud, Sertar (P) Evan G. I. Boantua dan Sertar (P) Resa Ridhwan P.

Pada SEDC 2021 ini, Tim AAL A harus puas diperingkat ke-4 dan mengakui keunggulan Tim Universitas Gajah Mada (UGM) yang meraih Juara l, Tim Universitas Indonesia (UI) diposisi kedua dan Tim Universitas Diponegoro (Undip) diposisi ketiga.

Menurut Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., selama Pandemi Covid-19 lomba debat bahasa Inggris STTAL dilaksanakan secara online dengan prinsip para peserta dapat melaksanakan dari rumah dengan tujuan melindungi dari wabah virus corona.

728×90 Leaderbord

SEDC 2021 lanjutnya, telah memberikan nilai-nilai penting bagi mahasiswa STTAL dalam rangka membangun sebagai Research University guna mendukung TNI Angkatan Laut berkelas dunia.

Menurutnya, tuntutan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan lomba debat bahasa Inggris ini, menjadi bagian akademik mahasiswa dan menjadi media pelatihan negosiasi dan kemampuan argumentasi dalam bahasa Inggris.

Ia berharap, dengan lomba debat bahasa Inggris ini dapat meningkatkan daya saing mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan penyampaian pendapat logis dan sistematis guna meningkatkan pemikiran kritis dan analisis para mahasiswa serta memahami semua materi tentang topik atau motion yang diberikan oleh semua pembicara.

Adapun ke-28 perguruan tinggi peserta lomba yaitu UI, UGM, AAL, Unair, Unibraw, Univ Trunojoyo Madura, UPN Veteran Surabaya, Univ Pattimura Ambon, STTAL, UHT, Institut Teknologi Telkom Surabaya dan Univ Negeri Semarang.

Kemudian Undip, Univ Negeri Surabaya, ITS Surabaya, STIE Perbanas Surabaya, Univ Abd Rahman Saleh Situbondo, Univ Negeri Malang, Univ Mataram, PENS Surabaya, Politeknik Sriwijaya, Univ Muhammadiyah Makasar, Politeknik Madura, Univ Muhammadiyah Malang, STAN, Univ Islam Lamongan, Polinema dan Universitas Negeri Jember.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut KH Rohman Arif, S.Sos.