Agar bisa beraktivitas lebih nyaman saat haid, ada sejumlah tips yang bisa dicoba

oleh -324 views

Saat sedang haid, biasanya tubuh akan terasa tidak nyaman. Pegal-pegal, nyeri haid, ditambah lagi kondisi tubuh yang terasa lebih lemas dari biasanya. Hal ini pun memengaruhi kemampuan kita dalam menjalani rutinitas dan aktivitas.Agar bisa beraktivitas lebih nyaman saat haid, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Mulai dari mengatur asupan makan dan menyesuaikan sejumlah hal. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Cukupi Kebutuhan Air Putih 

Melansir laman healthline.com, untuk menjaga volume darah dalam tubuh kita perlu minum 4-6 gelas air lebih banyak sehari. Minum banyak air putih bisa menjaga tubuh agar tidak gampang lemas atau letih.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Semakin banyak darah yang keluar, semakin berkurang zat besi yang ada di dalam tubuh. Tubuh kita memperlukan zat besi untuk memproduksi hemoglobin, molekul yang membantu sel-sel darah merah menyalurkan oksigen. Saat darah haid yang keluar sangat banyak, tubuh bisa mengalami kekurangan zat besi dan meningkatkan risiko anemia. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti sayur bayam, kerang, daging ayam, tahu, dan kacang-kacangan.

3. Melakukan Gerakan Yoga Ringan

Penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu redakan nyeri yang berhubungan dengan kram karena haid. Lakukan beberapa gerakan yoga sederhana atau peregangan sebelum tidur. Dengan begitu, otot-otot tubuh akan lebih rileks dan membantu kita tidur lebih nyenyak.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi yang dapat mencegah anemia. Konsumsi bahan makanan yang tinggi kandungan vitamin C, seperti buah jeruk, paprika merah dan hijau, buah kiwi, stroberi, brokoli, dan jus tomat.

5. Konsumsi Dark Chocolate 

Melansir coach.nine.com.au, Lara Briden penulis Period Repair Manual mengungkapkan bahwa mudah lapar saat haid adalah sesuatu yang normal. Hal ini karena ada kadar ada peningkatan hormon progesteron yang terjadi. Peningkatan progesteron pada tubuh bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan. Untuk mengendalikan nafsu makan, kita bisa mengonsumsi dark chocolate. Dark chocolate mengandung magnesium yang sebelumnya kusebutkan sebagai salah satu penstabil suasana hati yang penting, serta dark chocolate memiliki kandungan yang secara langsung dan positif memengaruhi neurotransmiter kita,” papar Briden. Konsumsi dark chocolate dengan kandungan setidaknya 80% cokelat alami untuk atasi nafsu makan yang sulit dikontrol selama haid.

6. Konsumsi Buah Kaya Kalium, seperti Buah Pisang

Mengutip laman byrdie.com dalam artikel “Best Foods to Eat on Your Period”, kandungan vitamin B6 yang tinggi pada buah pisang membuatnya jadi buah terbaik untuk menstabilkan suasana hati. Selain itu, buah pisang kaya kalium dan magnesium yang dapat mengurangi risiko perut kembung dan retensi cairan dalam tubuh. Buah pisang juga dapat mengatasi masalah pencernaan yang kerap dialami sebagian perempuan saat sedang haid.

7. Tidur dengan Kompres Air Hangat

Siapkan satu botol air dan isi dengan air hangat secukupnya. Gunakan botol berisi air hangat tersebut untuk mengompres perut atau area perut yang nyeri. Dilansir dari shesaid.com, ketika perut kita dikompres dengan air berisi air hangat, reseptor panas di area tersebut akan aktif dan mencegah tubuh merasakan nyeri yang sedang kita rasakan. Bahkan secara ilmiah, efeknya mirip dengan obat pereda nyeri. Sebelum tidur kita bisa menyiapkan sebotol air hangat untuk kemudian bisa kita kompres ke area perut senyaman mungkin saat akan tidur.

8. Rilekskan Pikiran dan Otot-Otot Tubuh

Meditasi, minum secangkir teh chamomile hangat, atau melakukan gerakan yoga bisa dilakukan untuk mengendurkan saraf-saraf tubuh. Sebagian dari kita mungkin akan merasa stres setelah haid selesai. Maka perlu untuk mengambil jeda istirahat sejenak agar bisa rileks dan mengembalikan suasana hati jadi lebih baik.

9. Imbangi dengan Mengonsumsi Buah-buahan Segar

Buah jeruk, buah pisang, buah semangka, dan buah alpukat merupakan sebagian buah yang cukup baik dikonsumsi selama haid. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis bisa dikonsumsi saat haid untuk memberi asupan kalsium, vitamin C, dan vitamin D yang cukup. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada buah pisang membuatnya jadi buah terbaik untuk menstabilkan suasana hati.

10. Selain Minum Air Putih, Minum Air Kaldu Hangat Juga Bisa Dilakukan

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting dilakukan. Selain air putih, bisa juga minum air kaldu hangat. Minum air kaldu tulang bahkan bisa bantu meredakan nyeri haid. Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN, ahli gizi di Mountainside, seperti yang dilansir dari laman bustle.com mengungkapkan bahwa air kaldu tulang bisa bantu meredakan nyeri haid. Air kaldu tulang merupakan salah satu sumber asam amino anti inflamasi yang baik.

11. Mandi Air Hangat sebelum Tidur

Seringkali saat menjelang atau sedang haid, suasana hati kita memburuk. Hal ini membuat kita stres dan uring-uringan sehingga sulit tidur. Padahal tidur cukup sangatlah penting selama haid. Cobalah untuk merilekskan diri sebelum tidur. Bisa dengan mandi air hangat atau sekadar mendengarkan musik lembut untuk bisa tidur yang lebih nyenyak.

No More Posts Available.

No more pages to load.