Aktris Alice Norin mengonfirmasi dirinya telah divonis mengidap kanker sarkoma

Aktris Alice Norin mengonfirmasi dirinya telah divonis mengidap kanker sarkoma

Diva News74 Dilihat

Aktris Alice Norin mengonfirmasi dirinya telah divonis mengidap kanker sarkoma. Penyakit ini termasuk dalam jenis kanker langka yang tumbuh dan berkembang di bagian otot rahim.

Dilansir dari WebMD, sarkoma adalah jenis kanker yang langka dan tumbuh pada jaringan ikat yang menghubungkan atau mendukung jenis jaringan lain di tubuh.

Tumor ganas atau kanker ini paling umum terjadi pada tulang, otot, tendon, tulang rawan, saraf, lemak, dan pembuluh darah di lengan serta kaki. Namun, bisa juga terjadi di area lain pada tubuh.

Meskipun terdapat lebih dari 50 jenis sarkoma, penyakit tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua jenis utama, yaitu sarkoma jaringan lunak dan sarkoma tulang (osteosarkoma).

Berikut ini penjelasan terkait sarkoma jaringan lunak dan sarkoma tulang, yang dikutip dari Cleveland Clinic, Senin (19/2/2024).

Kanker Sarkoma Jaringan Lunak
Sarkoma jaringan lunak dimulai pada otot atau jaringan ikat lain di tubuh. Berbeda dengan sarkoma tulang, sebagian besar sarkoma jaringan lunak terjadi pada orang dewasa.

Jenis sarkoma tertentu, seperti rhabdomyosarcoma, banyak ditemukan pada anak-anak. Jenis sarkoma jaringan lunak meliputi:

– Angiosarcoma: Angiosarcoma adalah tumor jaringan lunak yang sangat langka yang memengaruhi lapisan dalam pembuluh darah. Angiosarcoma bisa terjadi di mana saja di tubuh. Namun, sekitar 35% orang yang didiagnosis dengan angiosarcoma masih hidup lima tahun setelah diagnosis.

– Tumor sel bulat kecil desmoplastik: Kondisi langka yang mana tumor tumbuh cepat berkembang di selaput yang melapisi perut. Tumor ini biasanya menyerang pria antara usia 20 dan 30 tahun.

– Tumor stroma gastrointestinal: Tumor ini terjadi ketika sel-sel yang melapisi saluran pencernaan tumbuh dan membelah secara tidak terkendali, sehingga menciptakan massa jaringan yang disebut tumor dan bisa bersifat kanker.

Penderita mungkin tidak menyadari adanya perubahan pada kesehatannya, sementara yang lain mungkin merasa tidak enak badan, mengalami nyeri, atau pendarahan.

– Leiomyosarcoma: Penyakit ini merupakan kanker langka yang tumbuh di otot polos, seperti yang ditemukan di perut, kandung kemih, rahim, usus, dan pembuluh darah.

– Liposarkoma: Sekelompok kanker yang sangat langka yang biasanya dimulai pada sel lemak di lengan dan kaki. Beberapa jenis liposarkoma mungkin muncul kembali, memerlukan pengobatan tambahan dan tindak lanjut jangka panjang untuk mendeteksi tumor baru sebelum menyebar.

– Tumor ganas pada selubung saraf tepi: Penyakit tersebut berkembang di jaringan yang mengelilingi dan mendukung sel-sel saraf. Biasanya penyakit ini tidak bersifat kanker, dapat diobati dengan pembedahan, dan tidak muncul kembali setelah pengobatan.

– Schwannoma ganas: Tumor yang berkembang dari sel Schwann di sistem saraf tepi atau akar saraf. Penyakit ini jinak dan tumbuh lambat. Jenis yang paling umum adalah schwannoma vestibular, yang terbentuk di saraf di telinga bagian dalam.

– Myxofibrosarcoma: Sejenis sarkoma jaringan lunak (kanker) yang dimulai sebagai benjolan kecil. Saat benjolan tumbuh, penderita mungkin merasakan nyeri atau bengkak.

– Rhabdomyosarcoma: Kanker jaringan lunak langka yang biasanya menyerang anak-anak dan remaja, tetapi juga dapat menyerang orang dewasa. Penyakit ini bisa berada pada bagian tubuh mana pun, tetapi biasanya menyerang otot di lengan, kaki, kepala dan leher, serta perut.

– Sarkoma sinovial: Bentuk kanker langka yang memengaruhi jaringan di sekitar persendian. Biasanya muncul di pinggul, lutut, pergelangan kaki, atau bahu. Ini adalah kanker yang tumbuh lambat dengan gejala yang berkembang seiring berjalannya waktu.

– Sarkoma pleomorfik yang tidak berdiferensiasi: Jenis kanker jaringan lunak dan langka yang sering menyebar ke bagian lain tubuh. Namun, penyakit ini bisa muncul kembali setelah pengobatan.

Kanker Sarkoma Tulang (Osteosarkoma)
Sarkoma tulang primer adalah kanker yang dimulai di tulang. Lebih dari sepertiga sarkoma tulang didiagnosis pada orang yang berusia kurang dari 35 tahun, tetapi banyak juga didiagnosis pada anak-anak. Jenis sarkoma tulang primer meliputi:

– Osteosarkoma: Jenis kanker paling umum yang diidap remaja dan menyerang bagian tulang. Penderita akan mengalami gerak terbatas, nyeri tulang, benjolan, dan patah tulang yang tidak diketahui penyebabnya. Jika osteosarkoma tidak menyebar ke bagian tubuh lain, tingkat kelangsungan hidup adalah sekitar 70 persen.

– Kondrosarkoma: Sekelompok tumor kanker tulang langka yang dimulai di tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan ikat lunak yang memungkinkan pergerakan antara tulang dan sendi. Sekitar 60 persen hingga 70 persen orang yang menderita bentuk paling umum dari kondrosarkoma masih hidup lima tahun setelah diagnosis.

– Kordoma: Tumor tulang langka yang terbentuk di tulang belakang atau dasar tengkorak. Semua subtipe kordoma dianggap bersifat kanker (ganas).

– Sarkoma Ewing: Sekelompok kanker tulang atau jaringan lunak yang menyerang anak-anak, remaja, dan dewasa. Penyakit ini sering berkembang selama masa pubertas ketika tulang tumbuh dengan cepat.

Tumor sarkoma ewing biasanya muncul di lengan, kaki, dan panggul. Gejalanya mungkin termasuk nyeri tulang, bengkak, dan demam.

– Fibrosarkoma: Tumor kanker jaringan lunak atau sarkoma yang sangat langka. Penyakit ini menyerang tendon, ligamen, dan otot.