Amerika Serikat (AS) dan Inggris menyambut baik janji Tiongkok untuk mengakhiri pendanaan untuk proyek-proyek batu bara

oleh -595 views

Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada Rabu (22/9/2021) menyambut baik janji Tiongkok untuk mengakhiri pendanaan untuk proyek-proyek batu bara di luar negeri.

Tetapi seperti dilaporkan AFP, AS dan Inggris menyuarakan harapan bahwa penghasil emisi terbesar dunia itu juga akan berbuat lebih banyak di dalam negeri terkait perubahan iklim.

Pada Selasa (21/9), Presiden Xi Jinping mengatakan kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBBB) bahwa Tiongkok akan berhenti mendukung semua pendanaan batu bara di luar negeri, kecuali menghabiskan bantuan luar negeri dunia menjadi bentuk energi kotor di negara-negara berkembang setelah pengumuman serupa oleh Korea Selatan dan Jepang.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyuarakan harapan untuk mengakhiri global sepenuhnya untuk batubara pada tahun 2040. Dia berusaha menggalang dukungan internasional untuk aksi iklim yang kuat menjelang pembicaraan iklim PBB di Glasgow pada November.

“Saya berterima kasih kepada Presiden Xi atas apa yang telah dia lakukan untuk mengakhiri pembiayaan internasional batubara Tiongkok dan saya berharap Tiongkok sekarang akan melangkah lebih jauh dan menghapus penggunaan batubara domestik juga,” kata Johnson kepada Majelis Umum.

Terlepas dari janji Tiongkok untuk bantuan luar negeri, Tiongkok tetap berinvestasi dalam batu bara di dalam negeri – masalah yang diangkat pada kunjungan awal bulan ini oleh utusan iklim AS John Kerry.

“Kami menyambut baik pengumuman ini tetapi kami juga menyadari bahwa lebih banyak yang harus dilakukan,” ujar seorang pejabat AS tentang langkah Xi.

“Kami berharap untuk mendengar lebih banyak tentang langkah-langkah tambahan yang dapat mereka ambil dalam dekade yang menentukan ini untuk lebih mengurangi emisi nasional mereka,” kata pejabat itu kepada wartawan dengan syarat anonim.

Pejabat itu mengatakan bahwa tindakan Tiongkok lebih lanjut akan membantu menempatkan dunia lebih dekat pada lintasan yang akan menahan suhu dari naik hingga di atas 1,5 derajat. Kenaikan suhu tampaknya semakin mungkin terjadi meskipun ada aspirasi yang ditetapkan oleh kesepakatan Paris 2015.

Ilmuwan PBB mengatakan bahwa pemanasan 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri adalah ambang batas. Setidaknya, planet ini dapat menghindari kerusakan terburuk dari perubahan iklim termasuk cuaca yang semakin parah, kekeringan dan banjir.

No More Posts Available.

No more pages to load.