Angkringan Babinsa Lahir dari Keinginan Mulia

Daerah842 Dilihat

 

Nganjuk, – Dilatarbelakangi tugas dan pengabdiannya sebagai seorang Babinsa, Sertu Sugiarto yang kesehariannya bertugas di Koramil 0810/08 Baron berinisiasi untuk mendirikan Angkringan Babinsa.

Angkringan itu diserahkannya kepada para Karang Taruna di desa Jekek yang merupakan desa binaannya. “Jadi saya tidak mengelola angkringan ini, saya serahkan sepenuhnya kepada anak-anak muda di sini untuk mengelolanya,” kata Sugiarto kepada Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Yuli Eko Purwanto yang tengah berkunjung di lokasi Angkringan Babinsa desa Jekek, kecamatan Baron, kabupaten Nganjuk, Sabtu (13/5/2023) malam.

Selain diperuntukkan untuk membantu perekonomian masyarakat, hasil dari angkringan itu pun juga wajib disisihkan untuk membantu anak-anak yaitim di sana.

“Sebagai Babinsa saya merasa terpanggil untuk membantu menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, selain dikelola oleh para karang taruna, hidangan di sini juga berasal dari para warga yang menitipkan dagangannya,” terangnya.

“Saya juga minta, agar hasil dari Angkringan Babinsa ini disisihkan untuk menyantuni anak-anak yatim. Alhamdulillah sekarang sudah dapat menyantuni 24 anak yatim setiap bulannya,” tambahnya.

Lebih dari itu, diungkapkannya, Angkringan Babinsa itu juga dimanfaatkan Sugiarto untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang tengah terjadi di desa binaannya.

“Kami tiga pilar di sini bersatu untuk mengatasi kesulitan masyarakat. Jadi bersama pak Kades dan Bhabinkamtibmas sering kumpul dan ngobrol bareng dengan para warga untuk membahas berbagai persoalan atau permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Kasrem pun mengaku bangga dengan kreativitas anggotanya itu dalam membantu dan memberdayakan perekonomian masyarakat. “Ini suatu inovatif yang luar biasa,” ujarnya kepada Sertu Sugiarto.

Kasrem juga menilai, apa yang dilakukan Sertu Sugiarto itu juga sebagai bentuk implementasi dari 7 Perintah Harian Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

“Ini wujud implementasi dari Perintah Harian bapak Kasad, dimana TNI AD harus selalu hadir dan memberikan solusi bagi setiap kesulitan masyarakat,” bebernya.

Setelah mengunjungi Angkringan Babinsa di desa Jekek, Kasrem selanjutnya juga berkunjung ke Angkringan Babinsa lainnya yang berada di desa Betet, Kecamatan Ngronggot, tak jauh dari lokasi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *