apa manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh?

Tips423 Dilihat

Banyak orang yang memilih untuk melewatkan sarapan pagi padahal rutinitas ini dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Lantas, apa manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh?

Sarapan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk memulai hari agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sarapan dapat menyumbang sumber tenaga dan nutrisi bagi tubuh.

Tidak hanya itu, sarapan dapat membantu tubuh merasa lebih kenyang sampai waktu makan siang dan membentuk pola makan yang seimbang. Sehingga, tubuh tidak mudah lemas dan cepat lapar ketika beraktivitas hingga siang.

1. Pemasok Energi untuk Beraktivitas
Sarapan pagi dapat menjadi pemasok energi untuk memulai aktivitas. Hal itu karena ketika malam hari, perut tidak terisi makanan sehingga sarapan bisa berfungsi sebagai penambah energi untuk beraktivitas dan perut tidak cepat keroncongan ketika disibukan dengan kegiatan di siang hari.

2. Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian
Manusia membutuhkan sumber gizi dan nutrisi untuk melakukan segala aktivitas, dengan sarapan dapat memenuhi sekitar 15 sampai 30 persen kebutuhan gizi harian. Adapun menu sarapan yang kaya akan gizi adalah susu, oatmeal, buah-buahan, sereal gandum, dan roti.

3. Meningkatkan Mood dan Energi Positif
Kondisi perut lapar cenderung akan lebih mudah untuk mengubah suasana hati seseorang, misalnya menjadi mudah kesal atau marah. Oleh karena itu, memulai hari dengan sarapan dapat menstabilkan mood dan membangun energi positif di pagi hari.

faat sarapan lainnya adalah dapat menjaga berat badan. Pasalnya, melewatkan sarapan dapat membuat rasa lapar yang lebih lama. Apabila rasa lapar terus dibiarkan hingga jam makan siang, justru akan meningkatkan nafsu makan dan makan siang lebih banyak dari biasanya.

Menurut British Dietetic Association, sarapan merupakan salah satu cara untuk memiliki pola makan yang seimbang. Sehingga berat badan seseorang yang rutin sarapan pagi akan lebih terjaga dibandingkan dengan seseorang yang melewatkan sarapan.

5. Meningkatkan Fokus
Melewatkan sarapan di pagi hari akan membuat seseorang lebih sulit berkonsentrasi dalam berbagai hal, baik ketika bekerja maupun sekolah. Sulitnya konsentrasi tersebut biasanya disebabkan karena kondisi otak yang tidak mendapat cukup glukosa untuk menjalankan fungsinya secara maksimal.

Advertisement

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa anak kecil dan remaja yang rutin sarapan pagi cenderung memiliki performa akademis yang lebih baik daripada seseorang yang terbiasa melewatkan sarapan.

6. Mencegah Serangan Penyakit
Rutin sarapan pagi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mencegah serangan penyakit dalam tubuh seperti menurunkan risiko penyakit jantung. Tercatat, seseorang yang melewatkan sarapan berisiko 27 persen lebih tinggi terkena jantung koroner.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah
Dengan rutin sarapan pagi dapat mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, bila tidak makan selama beberapa jam akan membuat tubuh mengirimkan sinyal kepada hati. Kemudian, akan memecah glikogen atau cadangan energi yang berguna untuk melepaskan glukosa ke aliran darah.

Alhasil, terjadi penurunan kadar gula darah, bila tidak cepat diatasi maka tubuh akan mudah lemas, berkeringat dingin, dan menimbulkan rasa lapar. Maka dari itu, sarapan berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah, apalagi bila sarapan dengan makanan yang sehat.

Itulah penjelasan mengenai tujuh manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *