Ayah dan ibu penting saling bekerja sama dalam memantau tumbuh kembang buah hatinya

Tips518 Dilihat

Ayah dan ibu penting saling bekerja sama dalam memantau tumbuh kembang buah hatinya. Keduanya juga harus kompak dan memiliki hubungan yang nyaman, membahagiakan serta penuh kasih sayang, jika ingin anak-anak mereka bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Studi menemukan jika hubungan orangtua antara satu dan lainnya, sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Hubungan keduanya juga penting dalam menciptakan ketenangan serta kebahagiaan di hati anak.

Ayah dan Ibu Harus Memiliki Visi Misi yang Sama

Mengutip dari laman liputan6.com, seorang ayah dan ibu yang telah menjalankan perannya masing-masing dalam rumah tangga, penting untuk tetap memiliki visi misi yang sama. Keduanya diharapkan bisa saling kompak dan menciptakan keharmonisasian yang lebih baik. Orangtua yang kompak, penuh cinta dan kasih sayang ke anak, membantu anak bertumbuh dan berkembang lebih percaya diri.

Beberapa penelitian bahkan menemukan jika orangtua yang kompak, saling mendukung dan bahagia, membentuk anak-anak yang cerdas nantinya. Namun dengan catatan, orangtua ini tidak memanjakan anak secara berlebihan.

Pentingnya Orangtua Menghindari Sikap Saling Menyalahkan

Irma Gustiana, seorang psikolog anak dan keluarga, dalam sebuah webinar Peran Ayah di Parenting Era Baru (Pendidikan, Kesehatan, Parenting) yang diselenggarakan oleh Baby Happy, pada tahun 2021, mengungkapkan, “Kita perlu untuk meluangkan waktu untuk satu sama lain, mendengarkan keluhan pasangan, apa pun yang disampaikan, tanpa menghakimi dan saling menyalahkan.” 

“Sebagai pasangan orangtua, kita harus saling menguatkan. Penting bagi kita untuk menciptakan suasana menyenangkan bersama pasangan. Ini agar anak-anak juga bisa merasakan efek kesenangan dan kebahagiaan yang kita miliki.” Tambahnya.

Peran Ayah Tak Sekedar Cari Uang

Memang, tugas ayah adalah menghidupi keluarga dan mencari rezeki untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meski demikian, peran seorang ayah tak sekedar untuk mencari uang. Akan sangat baik jika ia juga turut memantau tumbuh kembang anaknya, menciptakan suasana keluarga yang bahagia dan membantu peran istri di rumah.

Ketua Umum PP Himpaudi Prof. Dr. Ir Netti Herawati, M.Si, mengungkapkan jika peran mendidik dan mengasuh anak tak hanya menjadi tugas wajib ibu. Ini menjadi tugas wajib bersama kedua orangtua. Artinya, ayah juga berperan penting untuk mendidik anak-anaknya.

Studi menemukan jika orangtua yang bahagia, saling mendukung dan memiliki hubungan langgeng, membentuk anak-anak menjadi pribadi yang lebih bahagia pula. Saat anak bahagia, ini akan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *