Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di 13 wilayah di Tanah Air

oleh -483 views

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di 13 wilayah di Tanah Air pada akhir pekan ini, Minggu (30/5/2021). Diperkirakan, akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir serta angin kencang di berbagai wilayah Indonesia,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Cuaca ekstrem itu diperkirakan terjadi di kawasan Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Selatan.

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembapan udara 50% – 100%. BMKG juga memberikan peringatan dini gelombang tinggi wilayah perairan Indonesia.

Gelombang Perairan
Terdapat sistem tekanan rendah 1006 hPa di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan 1008 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara didominasi bergerak dari selatan hingga barat dengan dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Samudra Hindia barat Sumatra, Perairan utara Papua barat, Laut Arafuru, Perairan Yos Sudarso hingga Merauke, Samudra Pasifik timur Filipina.

Waspadai pula adanya tinggi gelombang dari 4-6 meter yang berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Sumatera, Perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, Selat Sunda bagian selatan, Samudra Hindia Jawa Timur hingga Lombok dan Samudra Pasifik timur Filipina.

No More Posts Available.

No more pages to load.