Bagaimana cara memblokir sms spam pinjaman atau penipuan?

oleh -1.111 views

Saat ini hampir tidak ada pemilik ponsel yang tidak menerima “teror” pesan SMS spam berisi penawaran pinjaman atau SMS penipuan dengan iming-iming hadiah atau lowongan pekerjaan. Saking seringnya terkadang terasa menyebalkan, menjengkelkan dan tentunya mengecek layar handphone kita. Selain menyita memori, juga mengancam informasi pribadi kita sebagai pemilik ponsel.

Memang banyak orang di sekitar kita yang menjalankan bisnis tetapi dengan modus mencari jalan pintas. Biasanya mereka akan melakukan spamyang akan mengganggu kenyamanan orang lain. Mereka juga akan yang mencoba melakukan penipuan, biasanya mereka mengirimkan sms yang berisi bahwa nomor telepon kita memenangkan hadiah undian, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, sebagian besar pesan teks spam tidak berasal dari ponsel lain. Pesan sering datang dari komputer dan dikirim ke ponsel target, tanpa biaya kepada pengirim, melalui alamat email atau akun pesan instan. Anda dapat mengurangi pesan teks yang tidak diinginkan dan membantu mencegahnya muncul di ponsel dan perangkat seluler lainnya. Berikut tips serta larangan untuk menangani teks spam dan cara menghentikan teks spam untuk selamanya.

Jangan langsung dibalas
Jangan membalas pesan teks spam secara langsung, karena ini memungkinkan spammer mengetahui bahwa nomor Anda asli. Biasanya setelah mereka mendapatkan nomor Anda, mereka akan melakukan spam untuk menawarkan produk atau jasa yang mereka miliki.

Perlakukan informasi pribadi seperti uang
Saat ini banyak pesan teks yang beredar yang meminta untuk memberikan informasi pribadi. Contohnya mengharuskan Anda memberikan informasi tentang berapa banyak uang yang anda miliki, berapa banyak Anda berutang ke bank, nomor induk kependudukan atau rincian kartu kredit.

Sebagian besar perusahaan yang sah tidak meminta informasi pribadi seperti kata sandi, detail akun, dan detail pribadi lainnya melalui pesan teks. Agar lebih aman Anda harus memverifikasi apakah permintaan tersebut sudah sesuai dengan perusahaan yang bersangkutan. Jangan pernah menghubungi nomor yang mengirim pesan teks.

Jangan klik tautan apa pun dalam pesan teks
Jika Anda sembarangan mengklik tautan yang dikirim oleh pesan teks yang tidak jelas bisa jadi link tersebut berisi virus yang bisa mengungkap informasi pribadi Anda. Situs yang dikirimkan biasanya akan berisi tautan yang akan menuju suatu blog yang akan kelihatan seperti profesional.

Virus juga akan membuat memori pada ponsel berkurang dan akan membuat ponsel menjadi i Setelah spammer mendapatkan informasi Anda, mereka akan menjual kepada phak yang bisa menggunakaninformasi tersebut secara tidak bertanggung jawab. Virus biasanya juga akan membuat tagihan pada ponsel kita semakin meningkat. Biasanya pesan teks yang akan dikirim akan dikenakan biaya pengiriman dari operator.

Tinjau tagihan ponsel secara teratur
Agar lebih aman anda perlu memerhatikan setiap tagihan yang akan anda bayarkan dan pastikan jumlahnya benar. Jika tagihan tidak sesuai, hubungi perusahaan telepon dan cari tahu apakah Anda menerima atau mengirim pesan spam dari ponsel Anda. Apabila Anda menggunakan nomor pra bayar periksa jumlah penggunaan pulsa atau data dan cek apabila terdapat anomali atau keanehan.

Periksa pengaturan telepon
Pada HP yang anda miliki biasanya sudah memiliki pengaturan bawaan untuk bisa memblokir panggilan dan pesan teks tertentu. Untuk menemukan pengaturan ini anda bisa mengetikblokpada pengaturan. Galileo.id menyediakan berbagai informasi penting lainnya untuk Anda.

Biasanya pada ponsel android hanya tinggal mengklik titik tiga dikanan atas. Klik dan pilih ‘Orang’ dan ‘Opsi’. Selanjutnya, pilih ‘Blokir’ untuk berhenti menerima pesan teks spam dari nomor tersebut.

Untuk iPhone, klik ‘i’ di sudut kanan atas pesan teks spam. Selanjutnya, klik pada nomor dan pilih ‘Blokir’.

Gunakan aplikasi pemblokir
Saat ini banyak aplikasi yang di kembangkan pihak ketiga untuk bisa memblokir pesan teks. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan: Numberobo, Hiya, Robokiller, YouMail, Truecaller, dan TrapCall, seperti dikutip dari Norton.

Ajukan Pengaduan
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka layanan pengaduan nomor telepon yang melakukan penipuan atau dianggap menyebarkan spam dan pesan yang mengganggu.

Pelanggan yang merasa menerima SMS dan telepon palsu dapat melaporkan nomor tersebut ke akun Twitter @aduanBRTI. Setelah pengaduan, nomor tersebut akan diblokir oleh BRTI.

Beberapa layanan sms yang bisa dikeluhkan antara lain informasi bahwa anda memenangkan kuis, anda harus melakukan pembayaran, atau anda harus melakukan beberapa tagihan.

Guna melakukan pengaduan, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
1. Pelapor merekam percakapan, mengambil foto, atau tangkapan layar dari pesan penipuan atau spam.
2. Kirimkan foto dan rekaman suara ke @aduanBRTI
3. Petugas melakukan verifikasi dan analisis
4. Petugas BRTI memberi tahu operator nomor yang dikeluhkan agar diblokir
5. Operator telekomunikasi melakukan pemblokiran dalam waktu 1×24 jam
6. Operator menginformasikan kepada BRTI tentang tindak lanjut pemblokiran melalui sistem Smart PPI
7. Jika ternyata nomor yang dilaporkan tidak terkait penipuan, nomor yang diblokir bisa dilaporkan ke BRTI.

No More Posts Available.

No more pages to load.