Bahan utama jamu ini adalah daun sambiloto, yang terkenal pahit tapi khasiatnya tidak sedikit, beberapa di antaranya adalah dapat menurunkan kolesterol, darah tinggi dan asam urat

Bahan utama jamu ini adalah daun sambiloto, yang terkenal pahit tapi khasiatnya tidak sedikit, beberapa di antaranya adalah dapat menurunkan kolesterol, darah tinggi dan asam urat

Resep246 Dilihat

Jamu terkenal dengan rasanya yang pahit meski tidak semua jamu memiliki rasa pahit, misalnya jamu beras kencur, sinom dan beras kencur. Tapi justru jamu-jamu yang rasanya pahit itulah yang khasiatnya sangat bagus untuk tubuh. Itu yang bisa kamu temukan pada racikan jamu sambiloto.

Bahan utama jamu ini adalah daun sambiloto, yang terkenal pahit tapi khasiatnya tidak sedikit, beberapa di antaranya adalah dapat menurunkan kolesterol, darah tinggi dan asam urat. Itu karena kandungan antioksidannya yang kuat dalam mencegah penyerapan kolesterol maupun asam urat di dalam tubuh. Cara meramu sambiloto juga tidak susah, cukup merebusnya dengan beberapa bahan jamu atau tanaman obat lainnya. Ini salah satu resep jamu sambiloto yang bisa dicoba di rumah.

Bahan:

  • 1 genggam daun sambiloto
  • 2 lembar daun pandan
  • 500 ml air
  • gula/madu secukupnya

Cara membuat:

  1. Keringkan daun sambiloto di suhu ruangan yang teduh namun kering dan sejuk. Tak pelu dikeringkan di bawah sinar matahari yang terik.
  2. Jika sudah mendapat sekitar 10-20 gram daun sambiloto kering, hancurkan sedikit.
  3. Rebus daun sambiloto kering dengan irisan pandan dan air.
  4. Boleh juga dengan cara menghaluskan daun sambiloto kering tersebut lalu menyeduhnya dengan air panas.
  5. Jika sudah mendidih dan aromanya keluar, angkat.
  6. Saring air rebusan sambiloto lalu tambahkan gula atau madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahitnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *