Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan program pelatihan Digital Talent Scholarship

0 28

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan program pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Vocational School Graduate Academy (VSGA): Programming Essential in Python (Cisco) tahun 2019 di BPPTIK. Program ini merupakan bagian dari program serupa pada bulan Juli 2019 lalu, yang diperuntukan bagi lulusan SMK yang belum bekerja.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 10 hari mulai tanggal 4 hingga 13 November 2019. Seluruh pembiayaan program ini dibebankan kepada APBN tahun 2019, sehingga peserta tidak dibebankan biaya apapun. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terbagi ke dalam 2 ruangan kelas.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar, pada hari Senin (04/11/2019) di ruang Auditorium BPPTIK. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPTIK dan jajarannya serta para tenaga pengajar dari Cisco Network Academy.

Kepala Badan Litbang SDM menyampaikan paparan tentang Revolusi Industri 4.0 dengan menyoroti pengembangan SDM sebagai prioritas untuk menghadapi perubahan yang cepat dalam fase revolusi tersebut. Perubahan pola pikir menjadi bagian terpenting dari pengembangan SDM. “Mulai saat ini harus bekerja keras sehingga tahu peran pentingnya belajar, terlepas nanti jadi apa, tapi proses belajar itu menjadi penting”, tegas beliau. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa ekosistem kelimuan logic harus dikembangkan sejak dini guna melahirkan SDM unggul.

Sesi pembekalan selanjutnya, Kepala BPPTIK, Nusirwan juga memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Pengenalan BPPTIK”. Disamping itu, beliau mengingatkan kembali para peserta yang mayoritas merupakan generasi milenial untuk dapat menempa mental tangguh di tengah gencarnya pengaruh era digital. Era digital tidak hanya membawa pengaruh positif, namun juga pengaruh negatif yang dapat mengubah peradaban. Untuk itu, generasi milenial diharapkan dapat mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa sembari terus meningkatkan kemampuan di bidang TIK.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ