Bangkitkan Kembali Budaya Melayu Di Bumi Natuna

oleh -555 views

 

 

Natuna – pada masa lampau berada di bawah naungan kerajaan-kerajaan Melayu. Oleh karena itu, nuansa dan melayu sangat kental terasa bila kita berada di Kepulauan Natuna. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kesenian dan budaya tradisional perlahan tergerus keberadaannya, terlebih oleh generasi muda, Rabu (3/03/2021).

Banyak pemuda yang tak lagi mengenal budaya daerahnya sendiri. Ini merupakan permasalahan serius, yang jika tidak dikenalkan dan dilestarikan maka budaya akan hilang. Jika budaya hilang, makan hilang pula identitas suatu bangsa atau daerah.

Selama ini kesenian dan budaya tradisional “dipegang” oleh para seniman dan budayawan yang telah berumur sepuh. Jikapun ada, tak banyak generasi muda yang serius mempelajarinya, seperti musik-musik dan tari tradisional yang kerap dianggap kuno dan tertinggal, tak lagi sesuai zaman. Padahal kesenian dan budaya tradisional tak hanya sebatas tari-tarian dan gema musik semata, namun ada pesan dan filosofi yang tersirat yang jika dipelajari akan menambah kecintaan kita akan budaya melayu daerah kita sendiri.

Berangkat dari situ pula, Kelurahan Ranai Kota mencoba menghidupkan kembali kesenian dan budaya daerah ini dengan mengenalkannya pada generasi-generasi muda di Natuna.

(Red)

728×90 Leaderbord