Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Bencana Alam Posko II TNI AL Lantamal V, Diberangkatkan Dengan KRI Koarmada II

oleh -114 views

Lantamal V, — Bahan Bantuan Kemanusiaan yang terkumpul di Posko II TNI AL Lantamal V, diberangkatkan dengan Unsur Koarmada II, KRI Oswald Siahaan – 354, dari Dermaga Ujung Surabaya, menuju wilayah tanah air yang mengalami bencana alam, Kamis (21/01). Dalam kesempatan ini, Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI I N.G Sudihartawan, secara simbolis menerima penyerahan paket bantuan kemanusiaan dari Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., MM., M.Soc., Sc., yang langsung diberangkatkan dengan unsur KRI.

Sejak Jumat Pekan Kemarin, sesaat setelah terjadinya bencana gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM., langsung menginstruksikan jajaran TNI AL untuk merespon kondisi tersebut, dan Lantamal V ditunjuk sebagai Posko II TNI AL untuk Bantuan Kemanusiaan Bencana Alam. Kurang dari 24 jam setelah gempa, gelombang pertama bantuan telah diberangkatkan dengan KRI dr. Soeharso-990.

Dikatakan oleh Panglima Koarmada II dalam kesempatan ini bahwa, bahan bantuan sebanyak 1471 paket dari Posko Bantuan Kemanusiaan Lantamal V, telah dimuat oleh KRI Oswald Siahaan – 354, untuk diberangkatkan menuju Mamuju. “Dalam waktu dekat kita akan mengirim kembali paket bantuan menuju wilayah Banjarmasin yang terkena bencana, saat ini paket yang terkumpul digudang telah siap juga untuk dikirimkan”, ungkap Panglima Koarmada II.

Senada dengan itu, Komandan Lantamal V mengungkapkan, bahwa antusias masyarakat sangat luar biasa untuk membantu sesama. “Alhamdulillah telah banyak bantuan yang diberikan dari berbagai kalangan, baik itu dari instansi pemerintah, satuan TNI AL, kelompok masyarakat, swasta, hingga yayasan, untuk membantu saudara kita yang terkena musibah”, kata Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal.

Sejak Jumat pekan lalu, Lantamal V Surabaya membuka Posko Bantuan Kemanusiaan yang berlokasi di Jala Jaya, JL. Sarwa Jala No, 2, Ujung Semampir Surabaya. Bantuan yang telah terkumpul merupakan sumbangan dari Satuan TNI dan TNI Angkatan Laut, Institusi Pemerintah, Jalasenastri, perusahaan sektor swasta, yayasan sosial, hingga masyarakat perorangan.

 

728×90 Leaderbord