bawang putih juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja khasiat bawang putih?

Tips397 Dilihat

Rempah-rempah yang ada di dapur rumah bisa digunakan sebagai bahan untuk pengobatan. Salah satunya adalah bawang putih. Di bawah ini akan dibahas manfaat bawang putih untuk kesehatan!

Bawang putih (Allium sativum) merupakan rempah-rempah yang banyak ditemui di Asia Tenggara. Di Indonesia bawang putih telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bumbu masakan dan bahan alami untuk pengobatan alternatif.

Selain memberikan aroma dan rasa yang khas pada hidangan, bawang putih juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja khasiat bawang putih?

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibiotik dan antivirus. Allicin membantu meningkatkan sistem kekebalan sehingga dapat membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berkat manfaat dari senyawa allicin tersebut, bawang putih bisa meningkatkan imun tubuh orang-orang yang memakannya menjadi lebih kuat. Dengan demikian mereka tidak mudah terserang virus dan penyakit.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Mengonsumsi bawang putih dengan kadar tertentu ternyata memiliki khasiat yang signifikan untuk menurunkan tekanan darah bagi orang-orang yang menderita penyakit hipertensi. Bawang putih telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Senyawa sulfur yang terdapat dalam bawang putih membantu memperlancar aliran darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Mengonsumsi bawang putih tentunya akan lebih sehat dibandingkan dengan harus mengonsumsi obat-obatan kimia untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini terjadi karena dengan mengurangi konsumsi obat-obatan kimia, maka kerja ginjal akan menjadi lebih ringan.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan
Ketika menghadapi cuaca yang berubah-ubah, tubuh biasanya akan rentan terkena batuk dan flu. Nah, mengonsumsi bawang putih bisa menjadi solusi untuk mencegah batuk dan flu.

Bawang putih memiliki sifat ekspektoran dan antimikroba yang dapat membantu meredakan batuk, pilek, dan infeksi saluran pernapasan. Senyawa sulfur dalam bawang putih juga membantu membersihkan lendir dan melawan bakteri penyebab infeksi.

5. Mencegah Kanker
Beberapa riset menunjukkan bahwa bawang putih dapat memberikan perlindungan bagi tubuh dari risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus, perut, dan paru-paru.

Bawang putih dianggap sebagai antikanker karena memiliki kandungan senyawa sulfur yang dapat memberantas bibit-bibit sel kanker yang biasanya terjadi karena berbagai faktor, misalnya sering makan-makanan yang tidak sehat.

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan memperhatikan jumlah kadar dan nutrisinya agar tidak berlebihan. Ditambah lagi bberapa orang mungkin mengalami sensitivitas atau gangguan pencernaan setelah mengonsumsi bawang putih mentah. Itu sebabnya sebelum memulai pengobatan dengan bawang putih, tanyakan dulu ke ahlinya.

Itulah sekilas beberapa manfaat dari bawang putih yang dapat menyehatkan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *