Beberapa aplikasi yang terpasang di perangkat Android dan iPhone ternyata punya reputasi buruk dalam hal privasi.

Beberapa aplikasi yang terpasang di perangkat Android dan iPhone ternyata punya reputasi buruk dalam hal privasi.

TEKNOLOGI361 Dilihat

Beberapa aplikasi yang terpasang di perangkat Android dan iPhone ternyata punya reputasi buruk dalam hal privasi. Menurut Lukas Ramonas, penulis untuk firma keamanan NordVPN yang dilansir The Sun, Senin (3/7/2023), Facebook merupakan aplikasi terburuk dalam hal privasi.

“Facebook mungkin adalah aplikasi dengan privasi terburuk, karena melacak aktivitas pengguna di semua aplikasi dan situs web miliknya. Bahkan pelacakan terjadi saat Anda tidak menggunakan Facebook,” tulis Ramonas.

Menurutnya, Facebook menginginkan kontrol penuh atas perangkat Anda dan mengklaim itu diperlukan untuk fungsionalitas aplikasi. Ia tahu kapan Anda masuk dan berapa lama Anda menghabiskan waktu di platform. Ini melacak ke mana Anda pergi, apa yang Anda beli, apa yang Anda telusuri.

Facebook mengumpulkan semua informasi ini untuk menyajikan iklan bertarget kepada penggunanya. Beberapa kali Facebook juga mengalami masalah kebocoran data.

Ramonas juga memasukkan aplikasi Facebook Messenger ke dalam daftar tersebut.

“Facebook Messenger juga termasuk dalam aplikasi dengan privasi terburuk, karena tidak menggunakan enkripsi end-to-end,”  tulisnya.

Kedua aplikasi ini juga menduduki peringkat teratas dalam daftar aplikasi yang menguras baterai pada ponsel pintar. Jadi jika Anda jarang menggunakannya, disarankan untuk mempertimbangkan menghapusnya.

Aplikasi cuaca berada di urutan berikutnya dalam daftar Ramonas. Jenis aplikasi ini juga menguras baterai karena harus berjalan di latar belakang perangkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *