Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama pandemi menghadirkan tantangan tersendiri

oleh -515 views

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama pandemi menghadirkan tantangan tersendiri. Saat sudah menjalani WFH selama berbulan-bulan selama pandemi, kadang kita merasa sangat kelelahan atau burnout. Tak hanya bekerja dari kantor saja yang bisa membuat kita stres, bekerja dari rumah pun bisa membuat kita merasa sangat jenuh.

Untuk mengatasi kelelahan bekerja dari rumah atau WFH burnout ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Melansir laman metro.co.uk, Dr Elena Touroni seorang psikolog konsultan dan pendiri bersama My Online Therapy memiliki sejumlah tips untuk menagtasinya. Selengkapnya langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.

1. Membuat Batasan Jelas antara Pekerjaan dan Kehidupan Rumah

“Meski kantormu sekarang hanya sebuah pojokan di kamar atau bagian dari meja dapur, menciptaman ruang bekerja membantu membedakan antara pekerjaan dan kehidupan rumah,” jelas Dr Elena. Penting sekali untuk membuat batasan jelas ini. Sehingga fokus pikiran kita bisa terjaga saat harus melakukan sesuatu di rumah.

2. Istirahat Teratur

Karena selama WFH, waktu kita banyak habis untuk menatap monitor, maka penting untuk membuat jadwal istirahat atau jeda yang teratur. Terapis Jessica Boston menyarankan untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali. Jadi setiap 20 menit, jauhkan mata dari monitor, dan tatap dinding kosong selama 10 detik. Selain itu bisa berdiri dan berjalan setiap beberapa menit sekali agar tidak terlalu capek saat harus duduk terus.

3. Jadwalkan Sesuatu untuk Diri Sendiri

728×90 Leaderbord

Lakukan sesuatu untuk diri sendiri di rumah. Sesuatu yang bisa membuat kita rileks dan santai. Dr Elena menyarankan beberapa hal seperti membaca buku, jalan-jalan di taman dekat rumah, atau sekadar berendam air hangat.

4. Prioritaskan Tidur Cukup

Untuk menghindari kelelahan, kita butuh istirahat. Saat tidur pun bukan sebatas berbaring di tempat tidur begitu saja. Melainkan mengondisikan diri untuk istirahat total dengan mematikan semua gawai sebelum tidur dan tidur di kamar yang gelap.

5. Buat Rencana Harian

Ini mungkin terdengar sepele tapi sebenarnya bisa memberi manfaat besar. “Sebagai manusia, kita berkembang melalui struktur. Struktur membantu kita untuk melakukan kebiasaan sehat yang benar. Dan rasa puas yang kita dapat dari mencentang daftar kegiatan membantu kita merasa senang sendiri,” papar Dr Elena. Membuat rencana harian ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tak harus terlalu ketat atau kaku yang malah membuat kita stres, tapi setidaknya dengan membuat rencana harian ini kita bisa lebih terstruktur dalam berkegiatan di rumah tanpa merasa tertekan.

6. Tidak Terus Menerus Mengecek Ponsel

Ponsel menjadi benda yang terus melekat selama WFH. Namun, penting juga untuk sesekali menjauhkan diri dari ponsel. Tujuannya agar kita tidak terlalu stres atau tertekan dengan semua notifikasi yang muncul di ponsel.

7. Luangkan Waktu untuk Mengaso

Selama WFH, kadang kita kesulitan membedakan hari kerja dan hari libur. Padahal penting untuk memastikan kita beristirahat di setiap hari libur. Untuk itu jika memang waktunya mengaso, benar-benar gunakan untuk beristirahat.

Jika kelelahan yang dirasakan berlangsung lama dan mengganggu rutinitasmu, ada baiknya untuk memeriksakand iri ke dokter, ya. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.