berikut adalah 5 manfaat hobi bagi anak:

berikut adalah 5 manfaat hobi bagi anak:

Tips56 Dilihat

Hobi adalah satu hal yang sangat baik untuk dimiliki, terutama bagi anak-anak. Dengan memiliki hobi, anak-anak dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Selain itu, anak-anak juga dapat menyalurkan kreativitasnya melalui kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Berbagai hobi dapat dieksplor, seperti melukis, menggambar, bermain musik, bermain basket, hingga berenang. Para orangtua dapat membantu anak-anaknya mencari hobi di rumah maupun di sekolah.

Tantangan terbesar para orangtua dalam proses pencarian hobi anak adalah terlalu banyak campur tangan, sehingga anak-anak tidak bebas mencari apa yang mereka suka. Para orangtua harus juga belajar menahan diri agar anak-anak tidak terpaksa melakukan kegiatan yang sebenarnya merupakan keinginan orangtuanya saja. Ajak anak untuk sama-sama mencari apa yang mereka suka agar mereka senang dalam menjalaninya. Dilansir dari tutordoctor.co.uk, berikut adalah cara untuk membantu anak menemukan hobi yang ia sukai.

Ikuti ketertarikan anak

Saat sedang mencari hal yang disuka oleh sang buah hati, orangtua harus melihat apa yang anak-anak sukai secara alami. Biasanya, anak-anak akan secara otomatis tertarik kepada sesuatu kegiatan yang memang sudah mereka sukai atau mereka ingin coba sebelumnya. Peran orangtua adalah pendukung, bukan sebagai pendikte bagi anak-anak. Jadi, biarkan anak-anak menjelajahi hal-hal yang mereka suka dan menarik bagi mereka agar mereka senang menjalaninya.

Sediakan berbagai kesempatan

Walaupun Sahabat Fimela membiarkan anak-anak menjelajahi ketertarikannya sendiri, para orangtua juga harus memberikan berbagai kesempatan untuk mereka menjelajahi hal-hal yang lebih luas lagi. Sahabat Fimela dapat membawa sang buah hati ke perpustakaan, museum, bepergian ke taman, atau mengikuti kegiatan-kegiatan ekskul. Selalu ingat bahwa orangtua hanya menyediakan kesempatan dan anak-anaklah yang akan menentukan pilihannya. Jangan sampai apa yang dilakukan oleh sang buah hati adalah kegiatan yang sebetulnya ingin dilakukan oleh sang orangtua.

Dorong anak untuk mencoba hal baru

Saat membantu anak mencari kegiatan yang ia sukai, akan sangat baik jika orangtua mendorong anak untuk mencoba berbagai hal baru. Dengan mencoba banyak hal, pengetahuan anak akan semakin luas dan semakin banyak pula kegiatan-kegiatan seru yang akan mereka temui. Walaupun terkadang mereka tidak terlalu tertarik, cobalah untuk mengajak mereka melakukannya karena terkadang mereka bisa menjadi lebih tertarik daripada sebelumnya. Anggaplah masa ini sebagai masa eksperimen untuk anak-anak dalam mencari tahu hal-hal kesukaannya.

Cari kegiatan seru di sekitar rumah

Salah satu cara yang dapat dicoba untuk membantu anak-anak mencari hobi adalah dengan mencari komunitas-komunitas atau aktivitas-aktivitas yang ada di sekitar area rumah. Mungkin terdapat kegiatan-kegiatan seru yang berada di dekat rumah, sehingga anak-anak lebih tertarik karena tidak perlu berjalan jauh.

Terus jaga sikap positif dan selalu beri dukungan

Anak-anak senang mencoba banyak hal baru, tetapi anak-anak juga sering merasa bosan dengan cepat. Oleh karena itu, pada saat inilah dibutuhkan peran orangtua untuk terus memberikan mereka dukungan agar mereka terus semangat. Terus tanamkan pada benak anak-anak bahwa membutuhkan banyak waktu untuk kita menguasai sesuatu dan tidak perlu berlomba-lomba mengalahkan satu sama lain. Jalani semua kegiatan dengan positif, maka hasil yang akan didapat juga menjadi positif. Selalu beri mereka dukungan dan kata-kata positif agar mereka terus melangkah maju melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Pentingnya hobi bagi tumbuh kembang anak

Dilansir dari barracudas.co.uk, berikut adalah 5 manfaat hobi bagi anak:

Membangun rasa percaya diri

Ketika anak-anak memiliki kesulitan untuk mencari teman di sekolah, Sahabat Fimela dapat membantu mendorong anak-anak untuk mengikuti klub di sekolahnya agar bergabung dengan teman-teman sebayanya. Dalam waktu panjang, ketika anak-anak tergabung pada sebuah komunitas, mereka akan menjadi lebih percaya diri. Dengan demikian, anak-anak akan memiliki banyak teman sekaligus menjalani apa yang ia sukai.

Meningkatkan kemampuan dan ketertarikan

Para pakar psikologi anak setuju bahwa ketertarikan anak atas hal-hal di luar hal akademik dapat membantu anak-anak lepas sejenak dari kegiatan di dalam kelas yang selalu tertata. Anak-anak dipercaya akan menjadi lebih kreatif. Dengan melakukan hal-hal yang mereka sukai, otak mereka akan terlatih dan tubuh mereka akan menjadi lebih segar. Hal tersebut juga akan membantu mereka pergi sejenak dari rutinitas monoton dan kegiatan akademiknya di sekolah.

Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Menghabiskan waktu untuk aktivitas-aktivitas yang disukai dapat membantu anak-anak meningkatkan kesehatan fisik dan mentalnya. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki hobi lebih jarang terkena stres berlebih, mood buruk, hingga depresi. Aktivitas-aktivitas menyenangkan ini dapat membantu anak-anak melepaskan penat secara positif dan dapat membantu meningkatkan mood secara signifikan.

Belajar untuk memilih

Keseimbangan adalah kunci dari hidup yang tenang. Para orangtua harus menahan dirinya untuk tidak mendaftarkan anak ke banyak kegiatan tanpa persetujuan mereka. Sebaliknya, biarkan anak-anak mengeksplor apa yang ingin mereka lakukan dan biarkanlah mereka memilih. Ajarkan mereka untuk memperhitungkan bagaimana membagi waktu antara sekolah dengan kegiatannya. Ajarkan juga mereka untuk mengembangkan minat dan bakatnya sendiri.

Istirahat dari genggaman gawai

Tantangan terbesar masa kini adalah ketergantungan dengan layar gawai. Rasanya sulit sekali memisahkan manusia dengan gawai yang dipegangnya setiap hari. Dengan memiliki hobi atau kegiatan yang disukai, anak-anak akan melakukan hal lain selain duduk terpaku di depan layar. Selain membuat anak-anak menjadi lebih aktif bergerak, dengan memiliki kegiatan lain yang dilakukan juga dapat membuat tubuh anak lebih sehat.