berikut ini aplikasi untuk memantau arus perjalanan Anda selama mudik Lebaran

berikut ini aplikasi untuk memantau arus perjalanan Anda selama mudik Lebaran

TEKNOLOGI138 Dilihat

Memasuki arus mudik Lebaran 2024, memperhatikan kondisi lalu lintas yang akan Anda lewati adalah hal yang harus dilakukan. Anda bisa mengecek secara berkala pergerakan arus lalu lintas untuk mengetahui kondisi jalanan.

Meningkatnya persentase pemudik pada 2024, berikut ini aplikasi untuk memantau arus perjalanan Anda selama mudik Lebaran.

1. Mudik Ceria Kemenhub 
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru saja merilis situs web Mudik Ceria. Laman ini memberikan akses peta mudik, CCTV, hingga kondisi cuaca secara real time. Anda bisa memanfaatkan laman ini untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas selama periode mudik.

2. Travoy 3.0
Aplikasi Travoy 3.0 yang diluncurkan oleh PT Jasa Marga pada 2021, yang merupakan asisten digital dan dapat digunakan untuk memantau arus lalu lintas dalam tol. Aplikasi Travoy menyajikan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan, di antaranya.

– Maps dan CCTV
Fitur ini dapat membantu Anda untuk memantau keadaan jalan tol melalui aplikasi Maps dan CCTV secara real time.

– Travnews
Fitur ini menyajikan berita terkini terkait jalan tol dan informasi lainnya.

– Tarif Tol
Fitur yang bisa membantu Anda untuk mengkalkulasikan tarif tol karena menyediakan informasi tarif tol sesuai dengan golongan kendaraan.

3. Google Maps
Aplikasi yang bisa Anda gunakan dan tersedia di perangkat Android maupun Apple adalah Google Maps. Aplikasi ini adalah peta digital yang menampilkan keadaan lalu lintas di ruas jalan.

Google Maps memiliki tiga warna untuk menunjukkan kondisi lalu lintas, yaitu merah, kuning, dan hijau. Warna merah menunjukkan keadaan lalu lintas yang macet, warna kuning menunjukkan kondisi lalu lintas macet, tetapi masih terdapat jarak antar kendaraan, dan hijau menunjukkan kondisi lalu lintas yang lancar.

4. Tol Kita
Aplikasi yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Tol Kita. Aplikasi ini dikembangkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR). Aplikasi ini memudahkan pengguna jalan tol untuk memantau arus lalu lintas dan aplikasi ini sudah tersedia di Play Store atau App Store.

5. Waze
Aplikasi yang mirip dengan Google Maps ini memiliki fitur untuk menampilkan keadaan lalu lintas. Waze juga memiliki tiga warna yang sama untuk menginformasikan kondisi lalu lintas. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memantau arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2024.