. Berikut ini beberapa makanan untuk anak 1 tahun yang susah makan

oleh -4 Dilihat

Usia antara 6-12 bulan merupakan waktu bagi anak untuk dikenalkan rasa dan teksur makanan selain asi. Karena anak sedang dalam masa pertumbuhan, jadi penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tapi kendalanya, tidak semua anak bisa makan dengan mudah. Beberapa penyebab anak susah makan ini antara lain karena merasa bosan, hanya suka satu jenis makanan, masalah pencernaan dan sebagainya.

Tetapi, ada salah satu cara yang bisa orangtua lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan, yakni dengan membuat olahan makanan yang berbeda-beda agar anak suka. Berikut ini beberapa makanan untuk anak 1 tahun yang susah makan.

1. Sup Daging

Sup daging adalah makanan yang bisa diberikan untuk anak berumur satu tahun karena di umur ini anak-anak sudah bisa dikenalkan mananan padat. Mom bisa membuat sup dengan potongan daging yang ditambahkan bahan sayuran seperti, brokoli, kentang atau wortel. Mom bisa menggunakan kaldu sapi sebagai bumbunya agar masakan jadi tambah enak. Ini baik dikonsumsi anak-anak untuk menambah energi dan memenuhi kebutuhan protein.

2. Nasi Tim Wortel

Nasi tim juga merupakan salah satu makanan untuk anak satu tahun, selain praktis rasanya juga disukai anak-anak. Mom bisa membuat nasi tim wortel dengan memasak beras yang dicampur dengan dagung giling, potongan wortel, bawang putih dan kaldu ayam. Selain itu nasi tim juga sehat untuk anak karena mengandung gizi yang komplit.

3. Puding Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi karena memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan usus dan baik untuk pertumbuhan anak. Pisang juga termasuk buah yang memiliki gizi kompleks, karena mengandung karbohidrat, protein, gula dan serat. Mom bisa mengolah pisang menjadi puding yang disukai anak-anak, dengan mencampur pisang, susu, agar-agar, gula pasir dan air. Semua bahannya diblender dan dimasak kemudian dibekukan.

4. Bakso

Kalau anak-anak suka makanan yang gurih dan bertekstur, mungkin bakso ayam atau daging bisa dicoba untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Cukup mudah membuat bakso daging atau ayam, cukup dengan memblender daging, sayuran, dan bumbu kemudian ditambahkan dgan sedikit tepung kemudian bisa dikukus atau direbus. Kandungan protein pada daging bisa membantu pertumbuhan sel dan meningkatkan energi. Menu ini juga cocok untuk anak yang sedang sakit tumbuh gigi.

5. Perkedel Tahu

Kalau anak-anak bosan dengan makanan yang berkuah, makanan yang digoreng juga bisa kok, diberikan untuk anak usia satu tahun. Mom bisa membuat perkedel tahu, cukup campur tahu dengan telur, bumbu, irisan daun bawang atau sayuran seperti wortel, kemudian dibentuk dan digoreng. Menu ini bisa memenuhi kalsium dan protein yang bagus untuk pertumbuhan anak.

Salah satu penyebab anak susah makan biasanya karena bosan dengan makanan yang itu-itu saja, apalagi pada anak yang berumur satu tahun yang sudah bisa mengenal banyak rasa. Sehingga Mom harus lebih kreatif menyajikan makanan untuk anak-anak.

No More Posts Available.

No more pages to load.