berikut ini delapan cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa Anda coba, dikutip dari Mayo Clinic

berikut ini delapan cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa Anda coba, dikutip dari Mayo Clinic

Tips37 Dilihat

Kolesterol tinggi di atas normal secara konsisten dapat menyebabkan diagnosis hipertensi. Semakin tinggi tingkat kolesterol  semakin besar risiko terkena masalah kesehatan lain, seperti serangan jantung dan strok.

Tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, mengingat risiko yang ditimbulkan begitu berbahaya. Oleh karena itu, berikut ini delapan cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa Anda coba, dikutip dari Mayo Clinic, Selasa (14/5/2024).

1. Batasi makanan tinggi lemak jenuh
Lemak jenuh berasal dari produk hewani, seperti keju, daging berlemak, dan makanan berbahan dasar susu. Tidak hanya itu, minyak tropis, seperti minyak sawit juga bisa menghasilkan lemak jenuh yang tinggi kolesterol.

Pilih makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, natrium (garam), dan tambahan gula. Makanan ini termasuk daging tanpa lemak, makanan laut, susu, keju, yoghurt bebas lemak atau rendah lemak, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

2. Makan makanan tinggi serat
Makanan tinggi serat dapat ditemukan di oatmeal, kacang-kacangan, lemak tak jenuh, alpukat, minyak nabati, dan minyak zaitun. Makanan ini dapat membantu mencegah dan mengelola kadar kolesterol dan trigliserida low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL).

3. Menjadi lebih aktif secara fisik
Gaya hidup yang tidak banyak bergerak menurunkan kolesterol HDL, di mana lebih sedikit HDL berarti lebih sedikit kolesterol baik yang bisa menghilangkan kolesterol jahat dari arteri.

Aktivitas fisik itu penting, setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang dalam seminggu sudah cukup untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, jalan cepat, berenang, bersepeda, dan kegiatan fisik lainnya juga bisa dilakukan.

4. Menurunkan berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas cenderung meningkatkan kemungkinan peningkatan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Namun, penurunan berat badan sedikitnya 5% hingga 10% dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol dan faktor risiko penyakit jantung lainnya.

5. Berhenti merokok
Merokok dan vaping dapat menurunkan kolesterol HDL. Lebih buruk lagi, ketika seseorang dengan kadar kolesterol tidak sehat juga merokok, risiko penyakit jantung koroner meningkat lebih besar dibandingkan jika tidak merokok. Merokok juga menambah risiko faktor penyakit jantung lainnya, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Dengan berhenti, perokok dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Langkah ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan dan meningkatkan fungsi arteri.

6. Tidak minum alkohol 
Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius lainnya, seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan strok. Cobalah untuk hidup lebih sehat dengan tidak mengonsumsi alkohol.

7. Banyak mengonsumsi protein whey
Protein ini adalah protein lengkap dan berkualitas tinggi yang mengandung semua asam amino esensial. Protein whey dapat ditemukan dalam produk susu yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Protein whey yang diberikan sebagai suplemen dapat menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol.

8. Mengonsumsi obat-obatan 
Selain perubahan gaya hidup, beberapa orang akan diberi resep obat yang dikhususkan untuk menurunkan kolesterol, seperti obat statin yang bisa memperlambat produksi kolesterol di hati dan dapat membantu menghilangkan kolesterol yang beredar dalam darah.