Berikut ini solusi sederhana agar cucian tetap harum tidak berbau

oleh -315 views

Tujuan mencuci pakaian agar baju-baju bersih dan harum. Namun, tak jarang baju tersebut justru bau apek apalagi ketika musim hujan tiba. Namun, sahabat Fimela jangan menyerah pada cucian yang bau.

Kalian bisa mencari tahu terlebih dahulu mengapa pakaian bisa bau apek setelah dicuci. Bisa jadi mesin cuci berjamur, jika melihat ke dalam mesin cuci, kemungkinan besar, itu terlihat cukup bersih.  Namun, di area tersembunyi, terutama di sekitar paking pintu di loader depan, mungkin menemukan jamur yang mengintai.

Kelebihan beban juga menjadi alasan kenapa cucian tidak harum. Kelebihan beban mesin cuci dapat membuat pakaian tidak dicuci dengan benar dan menyebabkan cucian bau apek.

Tapi tenang, Berikut ini solusi sederhana agar cucian tetap harum tidak berbau, melansir cleaning.lovetokhow.com.

1. Bersihkan Mesin Cuci

Mulailah dengan menghilangkan jamur di mesin cucimu. Dapat menggunakan cuka putih untuk membersihkan mesin cuci. Larutkan cuka dan air 50/50.  Perlu diingat,  tidak boleh mencampur pemutih dan cuka;  cukup pilih salah satu metode untuk dicoba. Ketika mesin selesai berjalan, ambil spons atau kain lembut dan bersihkan untuk menghilangkan jamur.

2. Biarkan Pintu Mesin Cuci

Setelah mesin cuci bersih, tetaplah seperti itu.  Setelah selesai mencuci pakaian, biarkan pintu mesin cuci terbuka agar udara dapat keluar.  Jamur lebih menyukai tempat yang gelap dan lembap, sehingga sirkulasi udara yang baik dan sinar matahari akan banyak membantu untuk menjauhkannya.

3. Cuci Panas Saat Bisa

Salah satu komponen utama dari kotoran tubuh adalah sebum, yang merupakan zat berminyak yang diproduksi oleh kulit.  Seperti menghilangkan noda minyak lainnya, solusinya melibatkan deterjen dan air panas.

Artikel The Washington Post melaporkan bahwa lebih dari 60 persen kain saat ini terbuat dari bahan sintetis yang tidak dapat dicuci dengan air panas. Namun, selain mencuci berdasarkan warna, dapat juga mengurutkan berdasarkan jenis kain dan kebutuhan pencucian. Dengan begitu, bisa mencuci cucian dengan sebum tinggi seperti kaus dan pakaian dalam dengan air panas.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.