Berikut ini tips memilih jenis helm yang aman untuk mudik

Berikut ini tips memilih jenis helm yang aman untuk mudik

Otomatif132 Dilihat

Dalam menyambut Idulfitri yang sebentar lagi tiba, persiapan untuk mudik telah dimulai. Banyak orang memilih berbagai kendaraan untuk perjalanan pulang ke kampung halaman, salah satunya adalah motor.

Selain barang bawaan, pastikan keamanan saat melakukan perjalanan mudik juga harus diutamakan, terutama dalam penggunaan helm. Menggunakan helm adalah salah satu langkah penting untuk menjaga keselamatan diri saat berkendara dalam perjalanan jarak jauh seperti saat mudik. Helm yang baik dan sesuai standar akan memberikan perlindungan maksimal pada kepala dan wajah pengendara jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, pastikan juga helm yang digunakan dalam kondisi baik dan layak pakai. Berikut ini tips memilih jenis helm yang aman untuk mudik.

1. Helm full-face
Helm ini menawarkan perlindungan paling lengkap karena menutupi seluruh wajah dan kepala. Dengan desain yang solid, helm full-face dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap cedera pada kepala dan wajah dalam kecelakaan.

Selain itu, karena menutupi seluruh bagian wajah, helm ini juga melindungi dari debu, serangga, hujan, dan angin. Meskipun terkadang terasa sedikit sesak atau panas, kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan oleh helm ini sangatlah berharga.

2. Helm half-face
Jenis helm yang lebih ringan ini memberikan kenyamanan ekstra untuk pengendara, terutama saat berkendara dalam cuaca panas atau perjalanan jarak jauh. Meskipun cakupan perlindungannya tidak seperti helm full-face, helm ini tetap populer karena fleksibilitasnya dan kenyamanan yang ditawarkan.

3. Helm modular
Helm ini menawarkan fleksibilitas yang unik karena dapat berfungsi sebagai helm full-face dan juga helm open-face. Dengan mekanisme pelindung dagu yang dapat dilipat, pengendara bisa dengan mudah mengubahnya sesuai kebutuhan mereka. Helm modular biasanya lebih berat dibandingkan dengan helm full-face karena desainnya yang kompleks, tetapi tetap memberikan perlindungan yang baik.

4. Helm sport ganda
Helm sport ganda adalah pilihan ideal untuk mereka yang menyukai petualangan atau berkendara di berbagai jenis medan. Helm ini dirancang ulang dari helm off-road untuk digunakan di jalan raya, dengan peningkatan ventilasi dan pelindung wajah yang dapat dilipat. Dengan bentuknya, membuatnya cocok untuk perjalanan jarak jauh sambil tetap memberikan perlindungan yang diperlukan.

5. Helm wajah 3/4
Helm ini menawarkan perlindungan terhadap kepala, tetapi memungkinkan wajah terbuka. Meskipun tidak seaman helm full-face, helm ini masih memberikan perlindungan yang cukup, terutama untuk perjalanan di kota atau kecepatan rendah.

6. Helm jet
Helm jenis ini umumnya digunakan untuk berkendara dalam cuaca hangat atau di kota dengan kecepatan rendah. Meskipun tidak memiliki pelindung dagu, helm jet tetap memberikan perlindungan yang baik terhadap kepala dan wajah. Visor penuhnya membantu melindungi mata dari debu dan serangga, sementara wajah tetap terbuka untuk sirkulasi udara yang baik.

7. Helm setengah cangkang
Helm setengah cangkang dapat memberikan perlindungan pada kepala, tetapi meninggalkan bagian wajah terbuka. Meskipun memberikan rasa kebebasan, helm ini kurang ideal untuk keamanan karena bagian wajah yang terbuka meningkatkan risiko cedera pada kecelakaan.

8. Helm off-road
Helm yang dirancang khusus untuk pengendara off-road atau petualangan ini, memiliki bobot yang ringan dan ventilasi yang optimal. Pelindung dagu yang panjang dan visor yang kuat melindungi pengendara dari debu dan batu saat berkendara di medan yang kasar.