Berikut obat alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal.

Tips329 Dilihat

Rasa gatal kerap kali mengganggu kenyamanan seperti membuat susah tidur, stress hingga rentan terkena infeksi kulit. Berikut obat alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal.

Meski terbilang sepele, rasa gatal dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan biasanya seseorang akan menggaruknya. Sayangnya, menggaruk kulit ternyata dapat memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kering dan luka.

Gatal bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena terkena gigitan serangga, reaksi akibat alergi, penyakit eksim atau ruam merah, serta psoriasis atau peradangan pada kulit.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk mengatasi gatal pada kulit. Kandungan dalam minyak kelapa bersifat anti inflamasi yang berfungsi untuk menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan pemicu gatal-gatal.

2. Lidah Buaya
Selain bermanfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga berkhasiat untuk meredakan iritasi akibat kulit gatal atau kulit kering. Selain itu, kandungan yang ada pada lidah buaya dapat berfungsi sebagai pelembab dan menjaga tingkat air di dalam kulit agar tetap tercukupi.

3. Daun Mint
Daun mint atau daun peppermint bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan rasa gatal, terutama gatal akibat reaksi alergi. Meski begitu, hindari pengolesan minyak daun peppermint pada kulit yang luka karena gatal secara langsung lantaran akan memicu sensasi panas terbakar.

4. Tea Tree Oil
Tea tree oil memiliki kandungan anti radang yang berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. Selain itu, tea tree oil juga mampu menyembuhkan infeksi gatal akibat reaksi alergi.

5. Oatmeal
Tidak hanya sehat untuk menu sarapan, oatmeal juga bisa membantu mengatasi rasa gatal pada kulit. Oatmeal memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal dan kandungan humektan, yang baik untuk melembabkan kulit.

6. Air Dingin dan Es Batu
Bahan alami yang bisa membantu mengatasi rasa gatal adalah air dingin dan es batu. Caranya dengan memasukkan es batu ke dalam kantong atau kain, kemudian kompres pada bagian kulit yang gatal selama 5-10 menit.

7. Baking Soda
Baking soda merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal. Caranya cukup mudah dengan menambahkan seperempat baking soda ke bak mandi. Hal ini biasanya digunakan untuk membantu meredakan gejala gatal pada penderita eksim.

8. Cuka Apel
Cuka apel bisa digunakan sebagai obat gatal alami karena kandungan zat antiseptik, anti-jamur, dan anti-bakteri yang ada pada cuka apel. Kandungan tersebut juga bisa mengatasi kondisi kulit yang kering.

Caranya dengan meneteskan cuka apel ke kapas atau kain lap yang lembut, kemudian oleskan pada daerah yang gatal, iritasi dan ruam. Bila dirasa terlalu keras, coba untuk menambahkan air dengan cuka apel.

Itulah penjelasan mengenai beberapa bahan alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *