Berikut persiapan yang harus diperhatikan saat ibu hamil melakukan perjalanan mudik Lebaran

Berikut persiapan yang harus diperhatikan saat ibu hamil melakukan perjalanan mudik Lebaran

Tips127 Dilihat

Pulang ke kampung halaman atau mudik merupakan hal yang paling dinantikan oleh masyarakat menjelang Lebaran. Berbagai persiapan dilakukan agar perjalanan lancar tanpa kendala. Namun, jika kondisi sedang hamil tetap memutuskan untuk mudik Lebaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut persiapan yang harus diperhatikan saat ibu hamil melakukan perjalanan mudik Lebaran.

1. Cek usia kandungan

Bagi ibu hamil yang memasuki usia kandungan 7 hingga 8 bulan, disarankan untuk tidak melakukan perjalanan mudik Lebaran yang jauh. Pasalnya, dapat membahayakan janin yang berada di kandungan. Jika tetap ingin mudik Lebaran, konsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan.

2. Bawa perlengkapan yang dibutuhkan

Ibu hamil harus memastikan membawa semua perlengkapan yang diperlukan saat mudik. Misalnya, obat-obatan yang dianjurkan,camilan, dan bantal kecil untuk digunakan saat perjalanan.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Pemilihan pakaian juga dapat mempengaruhi suasana hati. Maka pilih pakaian yang nyaman bagi ibu hamil dapat memberikan perasaan tenang selama perjalanan.

4. Gunakan transportasi yang aman

Pemilihan transportasi untuk mudik Lebaran tentunya sangat penting bagi ibu hamil. Pertimbangkan waktu tempuh agar ibu hamil tidak terlalu lama dalam perjalanan.

5. Bawa jaket atau syal

Untuk ibu hamil bawalah jaket dan syal untuk mudik. Hal ini menjadi penting karena dapat memberikan kehangatan apabila Anda merasa kedinginan saat dalam perjalanan mudik Lebaran.

6. Gunakan alas kaki yang nyaman

Gunakan sepatu dan sandal yang nyaman. Ibu hamil dapat memilih sandal jepit atau sepatu kets fleksibel untuk memberikan kenyamanan saat berjalan kaki saat mudik Lebaran.

7. Mengatur kenyamanan kursi

Selama perjalanan tentunya ibu hamil membutuhkan posisi yang nyaman untuk menikmati perjalanan. Maka aturlah posisi kursi yang diduduki untuk memberikan kenyamanan dalam perjalanan yang panjang.

8. Istirahat dalam perjalanan

Mudik Lebaran akan menghabiskan waktu yang lama. Kondisi seperti ini akan sangat melelahkan bagi ibu hamil. Untuk itu, ibu hamil dapat melakukan relaksasi dan istirahat untuk mengurangi risiko badan pegal-pegal selama perjalanan. Jika menggunakan transportasi pribadi, berhentilah di area istirahat untuk mengembalikan stamina.