berikut tips agar motor irit BBM saat dibawa mudik Lebaran.

berikut tips agar motor irit BBM saat dibawa mudik Lebaran.

Tips92 Dilihat

Jika Anda termasuk orang yang mabuk perjalanan ketika naik mobil atau bus, mudik Lebaran dengan motor menjadi pilihan yang tepat. Selain hemat biaya dan praktis, pemandangan perjalanan yang dilihat juga lebih leluasa.

Perjalanan yang jauh membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) motor menjadi boros. Namun, jangan khawatir, berikut tips agar motor irit BBM saat dibawa mudik Lebaran.

1Periksa tekanan ban 
Periksa tekanan ban, apakah sesuai dengan rekomendasi yang sudah pabrik sarankan. Jika belum segeralah sesuaikan tekanannya. Alur ban juga perlu diperiksa, jika sudah tipis sebaiknya segera ganti ban motor Anda untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

2. Gunakan oli yang tepat
Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor Anda. Oli yang tepat akan membantu menjaga kinerja mesin dan menghemat bahan bakar selama perjalanan jauh

3. Hindari beban berlebih
Semakin berat beban yang dibawa, semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan. Sebaiknya hindari membawa barang yang tidak perlu. Jika terpaksa membawa barang bawaan, usahakan untuk membawanya seminimal mungkin.

4. Berkendaralah dengan kecepatan stabil
Hindari menarik tuas gas dan mengerem secara mendadak. Hal ini akan membuat mesin Anda bekerja lebih keras dan boros bensin. Kebiasaan seperti ini juga membuat kampas rem motor akan cepat habis. Berkendaralah dengan kecepatan yang stabil dan sesuai dengan kondisi jalan.

5. Matikan mesin 
Jika terjebak kemacetan parah atau berhenti dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan mesin motor Anda. Hal ini akan menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang yang ada pada motor.

6. Servis berkala 
Perjalanan mudik membutuhkan motor dengan kondisi prima. Bengkel dapat membantu Anda memastikan rem, ban, suspensi, dan mesin motor dalam kondisi baik. Teknisi di bengkel dapat melakukan penyetelan dan perbaikan untuk memastikan motor berjalan lancar dan nyaman. Motor akan lebih hemat BBM jika berada dalam kondisi prima.

7Buatlah rencana perjalanan
Dengan membuat rencana perjalanan dapat menghemat konsumsi BBM motor. Anda dapat mengetahui hal-hal apa saja yang akan dilalui nanti. Anda juga bisa mengantisipasi kemacetan dan mencari alternatif jalan agar lebih dekat dengan tujuan.