Berkendara atau mengemudi jarak jauh dengan waktu tempuh lama saat mudik tentunya melelahkan, bahkan sampai mengantuk

 Berkendara atau mengemudi jarak jauh dengan waktu tempuh lama saat mudik tentunya melelahkan, bahkan sampai mengantuk

Tips171 Dilihat

Berkendara atau mengemudi jarak jauh dengan waktu tempuh lama saat mudik tentunya melelahkan, bahkan sampai mengantuk. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama mengatakan, ketika mengemudi kendaraan jarak jauh pengendara bisa berhenti setiap 3 sampai 4 jam di rest area. Kemudian batasi waktunya selama 30 menit.

Ia menjelaskan, sebaiknya melakukan prioritas paling mendesak, seperti ke kamar kecil, makan, minum, berjalan kaki, dan merenggangkan badan selama 10 hingg 15 menit.

“Untuk pengemudi dan tidak ada yang menggantikan, bisa digunakan untuk tidur berkualitas selama 15 sampai 30 menit. Jika tidak bisa, maka bisa minum kopi tanpa gula atau less sugar,” kata Ngabila, Kamis (11/4/2024).

Lebih lanjut, sebaiknya pengendara menghindari minum minuman berenergi atau berkemasan, karena tidak baik untuk kesehatan utamanya pada jantung.

Selain itu, minuman berenergi dan berkemasan biasanya memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Apabila kelebihan gula, khawatir akan menggangu pengendara karena mengantuk.

“Jangan memaksakan diri, keselamatan adalah yang utama jika sangat mengantuk beristirahat sejenak sampai kantuk hilang. Lanjutkan perjalanan dengan berhati-hati,” tambahnya.

Ngabila juga mengimbau, power nap sangat diperlukan oleh para pengemudi dan usahakan mengoptimalkannya saat mudik, serta arus balik selama di rest area.

Power nap atau tidur sekitar 15–30 menit (tidak boleh lebih dari 30 menit) berkhasiat untuk menambah power atau energi. Sehingga tubuh kembali bugar dan rasa kantuk hilang sementara dengan cepat,” ungkap dr Ngabila.

Cara melakukan power nap:

1. Pastikan ruangan/mobil sepi

2. Berada di ruangan yang sejuk, sepi, dan gelap

3. Gunakan masker mata atau penutup mata.

4. Gunakan penyumbat telinga atau headset

5. Hindari tidur setelah makan

6. Matikan notifikasi perangkat elektronik agar tidak terdistraksi

7. Posisikan badan senyaman mungkin

8. Lakukan rutinitas cepat tidur, seperti jauhi hand phone, tarik napas dalam, berzikir, dan lainnya.