BIG dan Keraton Yogyakarta akan menggelar lomba lari bertajuk The Royal Jogyakarta Sand Dunes Geospatial Run 2019 pada Oktober 2019 mendatang

oleh -43 Dilihat

DNEWSRADIO.COM – Menyambut rangkaian ulang tahun emas Badan Informasi Geospasial (BIG) ke-50, BIG dan Keraton Yogyakarta akan menggelar lomba lari bertajuk The Royal Jogyakarta Sand Dunes Geospatial Run 2019 pada Oktober 2019 mendatang. Uniknya lomba lari sejauh 21 km ini menawarkan sensasi lain yakni berlari di gundukan pasir Pantai Parangtritis.

Gumuk pasir Parangtritis merupakan satu-satunya bukit pasir yang terluas di Asia Tenggara. Bahkan di dunia, hanya ada di Meksiko dan Indonesia.

Kepala BIG, Hasanuddin Z Abidin, mengatakan, kegiatan lari ini sekaligus mensosialisasikan pentingnya informasi geospasial (pemetaan) kepada masyarakat dan pembangunan.

“Kita pilih di Parangtritis karena lokasinya bagus. Kita juga mau sosialisasi museum geomaritim kita di sana. Kawasan ini juga bagian kawasan strategis parawisata nasional,” kata Hasanuddin dalam peluncuran The Royal Jogyakarta Sand Dunes Geospatial Run 2019 di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Hasanuddin menambahkan, acara ini juga telah mendapat dukungan dan apresiasi dari Keraton Yogyakarta. Selain itu telah pula mendapat restu dari Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Lomba lari ini terbagi menjadi tiga kategori yakni 6 kilometer (6K), 10 kilometer (10K) dan 21 kilometer (21K) dengan sejumlah hadiah menarik. Ditargetkan 5.000 peserta dari dalam dan luar negeri ambil bagian dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, hadir pula perwakilan Keraton Yogyakarta Kanjeng Pangeran Haryo Wironegoro. Menurutnya, kegiatan positif, bermanfaat ini menyenangkan sekaligus menyehatkan.

“Ini merupakan salah satu bagian promosi untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta khususnya menikmati Pantai Parangtritis,” ucap Pangeran Haryo.

Gelaran lari menarik ini juga menjadi gerbang terbukanya potensi sosial ekonomi di bidang industri dan kepariwisataan serta membuka potensi olahraga bagi masyarakat urban Yogyakarta.

The Royal Jogyakarta Sand Dunes Geospatial Run 2019 ini akan melewati 80 persen aspal dan 20 persen pasir. Para peserta akan menyusuri sawah, kampung nelayan, pantai dan gumuk pasir.

Para peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sesuai dengan kategori Rp 250.000 untuk 6K, Rp 350.000 untuk 10K dan Rp 500.000 untuk 21K. Pendaftaran dibuka sejak April hingga Agustus 2019.

No More Posts Available.

No more pages to load.