Binpotmar Lanal Tegal Anjangsana Kepada Pejuang ALRI Berusia 100 tahun

oleh -106 views

 

Lantamal V,— Pangkalan TNI Angkatan Laut Tegal dalam Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) dimana Binpotmar ini adalah satuan staf yang berfungsi melaksanakan kegiatan pembinaan kewilayahan di wilayah kerja Lanal Tegal. Kegiatan pembinaan masyarakat yaitu anjangsana kepada Pejuang Veteran Eks Kelaskaran ALRI CA.lV Bapak Darlan yang kini sudah berusia 100 tahun, akhir pekan kemarin.

Bupati Pesawaran

Bapak Darlan yang bertempat tinggal di Desa Banjaranyar Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal lahir pada tahun 1922 dan mempunyai 6 orang anak, merupakan Eks Pejuang Kelaskaran ALRI CA.lV pada masa perang kemerdekaan.

Kepedulian Binpotmar Lanal Tegal dalam rangka mencari dan mengumpulkan data para pejuang ALRI maupun keterangan terkait sejarah ALRI di wilayah Tegal dan sekitarnya. Bapak Darlan yang sudah tua renta dan kini sering berbaring tiduran di ranjang rumah tuanya, di karenakan fisik sudah lemah serta daya ingatan yang menurun.

Binpotmar Lanal tegal Peltu Saa Khumedi dan Serda Jas Sugeng Prasetya atas perintah atasan mengunjungi dan melaksanakan anjangsana untuk mengenal dan mengetahui kondisi dari Eks pejuang kelaskaran ALRI CA.lV tersebut.

Dalam keterangannya Bapak Darlan bercerita bahwa dirinya pernah bergabung dengan Pangkalan lll ALRI Cirebon, dikisahkan bahwa Bapak Darlan pernah kontak tembak senjata bertempur melawan Belanda di daerah sumber Cirebon, yang kemudian Bapak Darlan jalan Gerilya Lintas Medan menuju Tegal dan bergabung dengan Pejuang Pangkalan lV – CA.lV Tegal.

Di katakan juga oleh pelaku sejarah itu bahwa, dalam perjuangan di wilayah Kabupaten Tegal banyak terjadi beberapa kontak tembak antara Belanda dan pejuang di daerah Lemah Abang Banjaranyar, Kalibakung dan daerah jejeg Bumijawa.

No More Posts Available.

No more pages to load.