Buah delima memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bahkan, dapat mencegah berbagai penyakit

Tips326 Dilihat

Buah delima memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bahkan, dapat mencegah berbagai penyakit. Berikut delapan manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh.

Buah delima disebut juga buah surga karena memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Delima kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral dan senyawa tanaman bioaktif atau senyawa antioksidan.

Buah yang tumbuh di kawasan tropis dan subtropis ini memiliki ciri khas bentuk biji yang banyak dengan bentuk bulat dilapisi daging berwarna merah. Sementara kulit luar delima berbentuk keras dan berwarna kuning hingga merah tua.

1. Melindungi Jantung
Buah delima bisa bermanfaat untuk melindungi jantung dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam buah delima yang dapat membantu penurunan tekanan darah, peningkatan kolesterol baik (HDL), dan mengurangi peradangan di arteri.

2. Menyehatkan Kulit
Selain dapat melindungi jantung, kandungan antioksidan dalam buah delima juga dapat melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Maka dari itu, buah ini kerap kali dijadikan bahan produk kecantikan untuk mengurangi keriput dan penuaan dini.

Selain itu, buah delima memiliki kadar asam ellagic yang tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mengurangi risiko kanker kulit.

3. Meningkatkan Daya Ingat
Buah delima dapat meningkatkan kerja otak dengan baik sehingga membantu daya ingat. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah delima dapat membantu melindungi otak dari stres dan peradangan yang dapat memicu kerusakan saraf, seperti Alzheimer dan Parkinson.

4. Baik untuk Pencernaan
Serat yang terkandung dalam buah delima dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Tidak hanya itu, sifat antimikroba yang ada pada buah delima juga mampu membantu mengontrol pertumbuhan bakteri jahat di saluran pencernaan.

5. Mencegah Kanker
Beberapa studi menunjukan buah delima dapat mencegah risiko beberapa jenis kanker sejak dini, diantaranya kanker prostat dan kanker payudara. Selain itu, senyawa aktif dalam buah delima bisa menghambat pertumbuhan sel kanker yang dapat menyerang tubuh.

6. Mengobati Radang Sendi
Kandungan senyawa aktif yang kaya akan anti inflamasi dapat memberi manfaat untuk mengobati radang sendi. Beberapa penelitian menunjukan bila ektrak buah delima dapat membantu penyembuhan dan produksi enzim pada sendi yang mengalami peradangan.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Buah delima mengandung vitamin C yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi virus maupun bakteri. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah delima juga mampu membantu dalam produksi kolagen yang penting untuk kulit dan kesehatan tulang.

8. Mengurangi Risiko Anemia
Manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah mengurangi risiko anemia. Pasalnya, delima mengandung zat besi yang penting untuk proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *