Budidaya jamur merang media jerami

oleh -851 views

Dnewsradio.com ,Tangerang, 25/05/2019 Bapak Rosidi mengatakan ke awak media Terdapat berbagai macam jenis jamur yang ada di dunia, salah satu jenis jamur yang biasa kita dengar yaitu jamur merang. Jamur merang merupakan salah satu spesies jamur pangan yang bergizi tinggi, sehingga banyak yang mengolahan makanan lezat dari jenis jamur ini. Jamur merang banyak dibudidayakan di kawasan Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis. Cara budidaya jamur merang cukup mudah, Bagi anda yang ingin mencoba membudidaya jamur merang. Berikut ini :

Syarat Tumbuh Jamur jerami dapat dibudidayakan pada lahan yang sempit dan dapat hidup pada segala musim. Namun, dalam budidaya jamur merang tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena jamur tersebut memerlukan syarat-syarat tertentu untuk tumbuh. Syarat-syarat tumbuh jamur merang, antara lain sebagai berikut.

Ada media untuk tumbuh dari bahan jerami atau merang, adalah :
Media tersebut harus selalu basah, tetapi tidak ada air yang menggenang.
Ruangan memiliki kelembaban udara sekitar 80%. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menyemprot ruang dengan air.
Tanaman jamur jerami terlindung dari sinar matahari secara langsung.
Tingkat keasaman media tumbuh harus netral yaitu pada pH sekitar 7 – 8.
Penanaman Jamur Merang atau jerami
a. Persiapan tempat tanaman
Tempat menanam jamur merang atau jerami dapat dilakukan di beberapa tempat, antara lain :

Tanah, Apabila penanaman dilakukan di tanah, tinggikan permukaan tanah tersebut ±10-15 cm dan taburkan terlebih dahulu kapur untuk mematikan cacing dan binatang lainnya.
Rak atau gotongan yang dapat dipindah- pindah.
Lantai yang sudah disemen atau di atas bata.
Pada prinsipnya tempat tanam harus terlindung dari panas matahari langsung dan terlindung dari hujan.

b. Persiapan media tanam
Media tanam jamur merang atau jerami dapat dibuat dengan beberapa campuran, Terdapat 3 formula untuk membuat media tanam jamur merang atau jerami ini yaitu
I : Jerami kering 100 kg; Kapur tembok 3 kg, dan Bekatul 6 kg
II : Jerami kering 100 kg; Kapur tembok 2 kg; Bekatul 6 kg; dan Pupuk kandang 10 kg
III : Jerami kering 70 kg; Kapur tembok 3 kg; Bekatul 6 kg; Pupuk kandang 10 kg, dan Kapas sisa pemintalan 30 kg.

Dan anda ketahui pula bahwa jamur merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat mudah untuk di tanam atau di budidayakan, ada sekali jamur yang bisa anda di rumah. Jamur – jamur tersebut tentunya bisa di tanam dengan mudah jika media yang anda gunakan cocok dan berkualitas.

Adapun media yang bisa anda gunakan mulai dari tanah, limbah kayu, hingga jerami untuk anda yang tertarik menanam jamur berbeda. Berikut ini kami sampaikan cara budidaya jamur dari jerami yang sangat mudah dan praktis.

Itulah langkah – langkah dalam cara budidya jamur dari jerami lakukan prosesnya dengan tepat makan anda akan mendapatkan hasi panen yang berkulitas. Selamat mencoba.

Kabiro / jurnalis
Dnewsradio.com

No More Posts Available.

No more pages to load.