Bursa Eropa ditutup menguat ditopang data ekonomi dari zona euro dan Inggris

oleh -299 views

 Bursa Eropa ditutup menguat pada Jumat (21/5/2021) ditopang data ekonomi dari zona euro dan Inggris.

Pan-European Stoxx 600 ditutup naik 0,6% dengan saham otomotif bertambah 1% memimpin kenaikan. Hampir semua sektor dan bursa utama ditutup di wilayah positif.

Aktivitas ekonomi Inggris membukukan pertumbuhan terkuat sekaligus mencapai rekor di bulan Mei, menurut data indeks manajer pembelian (purchasing manager index/PMI) yang diterbitkan Jumat. PMI komposit IHS Markit mencapai 62,0, tertinggi sejak survei diluncurkan pada tahun 1998 dan naik dari 60,7 pada bulan April. Pemicunya adalah perusahaan jasa Inggris dibuka kembali setelah lockdown berkepanjangan dan produsen diuntungkan dari pemulihan global.

Di zona euro, pertumbuhan bisnis mencapai laju tercepat dalam 3 tahun karena vaksinasi Covid-19 semakin cepat dan banyak bisnis sektor jasa dibuka kembali. PMI komposit flash awal berada di 56,9 dibandingkan dengan 53,8 di bulan April.

Penjualan ritel Inggris juga melonjak 9,2% pada bulan April, dua kali lipat dari proyeksi rata-rata dalam jajak pendapat ekonom Reuters, data resmi menunjukkan hari Jumat. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan konsumen yang selama ini tidak terlihat, mulai menunjukkan pergerakan.

Sementara saham Richemont melonjak 5% setelah perusahaan barang mewah Swiss itu mengusulkan kenaikan dividen setelah laba bersih melonjak 38% untuk tahun fiskal 2020/21.

Grup bisnis Swedia Lifco naik 6% untuk memimpin Stoxx 600 setelah serangkaian peningkatan peringkat. Sementara saham Lufthansa turun 6% setelah keluarga Thiele, pemegang saham terbesar kedua, melepas lebih dari setengah sahamnya di maskapai setelah kematian Heinz Hermann Thiele.

Perusahaan investasi Swedia Kinnevik turun 8% ke dasar indeks blue chip Eropa.


No More Posts Available.

No more pages to load.