Canggot Bakha Digelar oleh Muli-Mekhanai Pubian Pugung Bersatu

0 627

Tanggamus,Lampung–Muli Mekhanai Pubian Pugung Bersatu menggelar acara Adat Seni Dan Budaya Lampung Canggot Bakha dengan tema ” Millenial Cinta Budaya Indonesia Jaya ” yang dilaksanakan di lapangan Kantor Kecamatan Pugung Tanggamus. ( Sabtu 22/02/2020).

Acara ini dihadiri oleh, Bupati Tanggamus Hj,Dewi Handajani,SE,MM, Hj, Sri Nilawati Syafi’i, Ketua Dekranasda Tanggamus Nuraini Hamid Lubis, Anggota DPRD Tanggamus Dapil V, Heri Ermawan, Mujibul Umam, Koyim, Heru, Herdiyus, Ketua Iwapta Hi, Juanto Muhajirin SE, Camat Pugung Drs, Hardasyah, Kapolsek Pugung Ipda Okta Devi, SH, Danramil Pagelaran, Kepala Pekon dan Pj Kepala Pekon Se-Kecamatan Pugung, Ketua dan Tokoh adat Semarga Pugung serta muli-mekhanai se-Kecamatan Pugung.

Ketua IWAPTA Hi,Juanto Muhajirin,SE yang bergelar Pusikhah Mego dalam pidatonya, mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia dan warga masyarakat Pugung serta pihak-pihak yang telah membantu atas terlaksananya kegiatan Adat Seni Dan Budaya Lampung Canggot Bakha.

” saya ucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari semua pihak, sehingga acara Canggot Bakha ini bisa terlaksana, mungkin untuk acara yang ini banyak kekurangan nya akan tetapi kedepannya akan lebih diperbaiki lagi ” ungkap Ketua IWAPTA.

Ketua IWAPTA Hi,Juanto Muhajirin,SE menambahkan, acara ini digelar dengan tujuan melestarikan budaya Lampung Pubian Pugung yang dimulai dari menanamkan rasa cinta kepada generasi muda.

” mungkin acara ini banyak disana-sini yang kurang sempurna, akan tetapi pada keseluruhannya acara ini cukup memuaskan ” puji Hi Juanto Muhajirin,SE.

Sementara itu Bupati Tanggamus H,Dewi Handajani SE,MM dalam sambutan singkatnya, mengatakan bahwa, di Tanggamus ini ada dua adat Lampung yaitu Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. Ia akan berlaku adil dalam memajukan budaya adat Lampung yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Bunda Dewi (red-sapaan Bupati Tanggamus H,Dewi Handajani,SE,MM) menegaskan, sangat mengapresiasi dengan terlaksananya kegiatan Muli-Mekhanai Canggot Bakha Pubian Pugung Bersatu ini, Ia berharap kegiatan seperti ini harus terus dilestarikan, dan dapat diagendakan sebagai kegiatan tahunan, sebagai Destinasi Wisata Kebudayaan Adat Istiadat Lampung yang ada di Kabupaten Tanggamus

” khusus muli -mekhanai Pugung, Bunda apresiasi atas acara ini dan saya berharap jika bisa acara seperti ini terus berlanjut kembali di tahun berikutnya, dan Bunda siap untuk mendukungnya. ” harap Bupati Tanggamus.

Setelah selesai berpidato Bupati Tanggamus langsung membuka acara Adat Seni Dan Budaya Lampung Canggot Bakha dengan tema ” Millenial Cinta Budaya Indonesia Jaya ” 2020 dengan memukul gong yang dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng. (Tono/IWO)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ