Cara Memebersihkan Telinga Bayi dan Anak

0 115

Telinga merupakan bagian penting dalam tubuh. Termasuk dari 5 panca indra, telinga tak lepas dari masalah-masalah yang sering dialami. Tentunya tidak sembarang cara dapat membersihan telinga, cara membersihkan telinga harus melalui step-step khusus. Karena, salah-salah bukan telinga yang menjadi bersih malah kotoran semakin terdorong masuk ke dalam telinga.

Kesalahan dalam cara membersihkan telinga seringkali menjadi penyakit yang malah muncul pada indra pendengaran ini. Seperti menumpuknya kotoran dalam telinga, telinga sakit, bahkan dalam beberapa kasus terjadi pendarahan pada bagian rongga dalam telinga akibat kesalahan dalam membersihkannya. Yuk simak beberapa cara membersihkan telinga agar telingamu tetap bersih dan sehat.

Kotoran yang menumpuk dalam rongga telinga tentunya sangat mengganggu. Selain mengganggu pendengaran, kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman.

Hindari menggunakan ear candle atau lilin telinga

Penggunaan ear candel atau lilin telinga ini tidak terbukti dapat memebersihkan telinga, justru menyebabkan cedera dalam pengguaannya. Penggunaan ear candle ini beresiko menyumbat saluran telinga dan juga terbakar.

Menggunakan tetes telinga

Tetes telinga merupakan barang yang mudah dijumpai di Apotek. Penggunaannyapun mudah, tinggal meneteskan beberapa tetes ke rongga telinga. 2-3 hari setelah penggunaan kamu bisa meneteskan air hangat ke telinga dan miringkan kepala ke sisi yang lain.

Menggunakan minyak bayi

Minyak bayi atau baby oil juga terbukti ampuh sebagai cara membersihkan telinga. Cara penggunaannya sama dengan cara penggunaan tetes telinga

Jangan menggunakan cotton bud

Penggunaan cotton bud cenderung mendorong kotoran telinga ke dalam, bukan malah membersihkan telinga. Dikhawatirkan, penggunaan cotton bud malah membuat telinga semakin tersumbat dengan kotoran.

Membersihkan telinga bayi dan anak menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orangtua, karena takut menyenggol bahkan menekan terlalu dalam sehingga menimbulkan luka pada telinga. Tak jarang banyak bayi dan anak – anak yang berontak saat membersihkan telinga.

Gunakan waslap dan air hangat

Waslap dan air hangat bisa digunakan sebagai cara membersihkan telinga. Caranya, rendam waslap dengan air hangat kemudian peras sampai air tidak tersisa pada waslap itu. Kemudain usapkan waslap ke telinga dengan perlahan sambil membersihkan kotoran yang ada.

Tetes telinga khusus bayi dan anak

Penggunaan obat tetes telinga untuk bayi sangat aman selama menggunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Pada anak, pemakaian obat tetes diusahakan dalm kondisi berbaring dan miring. Teteskan obat lalu tarik sedikit daun telinga ke atas dan pastikan obat telah masuk keseluruh rongga telinga.

Hindari mengorek dengan tangan

Mengorek bagian telinga dengan tangan menyebabkan luka yang bisa terjadi di telinga. Selain luka, mengorek telinga anak dengan tangan bisa menyebabkan telinga terinfeksi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ