Cara Mudah Membangun Rutinitas Tidur Anak

Tips325 Dilihat

 Bagi anak-anak yang terlanjur memiliki kebiasaan tidur tak teratur, akan cukup sulit baginya memulai lagi rutinitas yang baru. Meski sulit, bukan berarti hal ini tak mungkin untuk dilakukan. Mom penting membangun lagi rutinitas tidur yang lebih teratur ke anak.

Studi menemukan jika rutinitas tidur yang teratur, akan membantu anak bertumbuh dan berkembang secara lebih maksimal. Ini juga membantu mereka memiliki otak yang lebih cerdas, pola pikir yang lebih bijaksana dan kesehatan fisik pun psikis yang lebih optimal. Lantas, bagaimana tips untuk membangun rutinitas tidur yang lebih teratur?

Cara Mudah Membangun Rutinitas Tidur Anak

Mengutip dari laman parents.com, ada beragam manfaat yang didapat anak saat ia memiliki rutinitas tidur yang lebih teratur. Untuk membuat anak memiliki rutinitas yang lebih teratur, berikut beberapa cara yang bisa Mom lakukan di rumah secara mudah.

  • Pastikan anak sudah berada di tempat tidur di jam tidur yang telah ditentukan setiap malamnya. Hal ini akan membiasakan anak untuk memiliki waktu tidur yang sama setiap harinya.
  • Ciptakan suasana kamar yang nyaman dengan lampu redup, tenang dan aroma wangi. Tempat tidur yang nyaman, akan memberikan kenyamaman dan kemudahan anak untuk segera tidur.
  • Jauhkan anak dari TV, gadget, mainan atau apapun yang bisa membuatnya tetap terjaga. Pastikan benda-benda ini tak ada di dekat anak menjelang ia tidur.
  • Berikan minuman hangat sebelum tidur ke anak. Minuman hangat tersebut bisa berupa susu hangat, air putih hangat atau teh lemon madu hangat.
  • Pastikan anak tidak dalam kondisi kelaparan atau kekenyangan menjelang tidur. Kondisi perut yang tidak nyaman, akan berpengaruh pada kualitas tidur anak.
  • Bacakan dongeng, buku cerita atau nyanyikan lagi kesukaaan anak menjelang tidur. Selain bisa membuat anak lebih nyaman tidur, aktivitas ini termasuk aktivitas untuk membangun kedekatan orangtua dengan anak.

Itulah sekilas tips yang bisa dilakukan untuk membangun rutinitas tidur anak yang lebih teratur. Demi terlaksananya tips ini, pastikan jika orang sekitar juga mendukung ya Mom. Usaakan agar suami, mertua, orangtua atau lingkungan sekitar mendukung anak untuk memiliki jam tidur yang lebih teratur. Percuma Mom berusaha keras membangun rutinitas tidur anak, tapi orang sekitar masih suka ikut campur dan mengganggu tidur mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *