Cara yang Bisa Ditempuh untuk Quality Time Bareng Anak

Cara yang Bisa Ditempuh untuk Quality Time Bareng Anak

Tips45 Dilihat

 Orang tua mana yang nggak ingin dekat dengan anak-anak mereka? Hubungan yang baik antar keluarga tentunya akan membuat kehidupan sehari-hari jadi lebih bahagia dijalani. Menariknya, mengeratkan jalinan keluarga sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang paling direkomendasikan yaitu menghabiskan quality time bareng anak.

Sesibuk apapun orang tua dalam bekerja, tetaplah harus mengutamakan kebahagiaan dan kesejahteraan anak-anak mereka. Itulah mengapa, quality time bareng anak jadi salah satu langkah tepat yang semestinya wajib rutin dilakukan. Menghabiskan waktu bersama anak akan bikin bonding antara dirinya dan orang tua semakin kuat. Dengan kedekatan yang baik, pastinya berbagai masalah di masa depan akan dihadapi dengan lebih baik dan bahkan mampu membuat keharmonisan keluarga tetap utuh.

Pertanyaannya, apa sih artinya quality time? Bagi yang belum familiar, quality time artinya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama dengan orang-orang tercinta. Bukan hanya dengan pasangan atau sahabat saja, tapi kegiatan ini juga berlaku untuk keluarga, termasuk antara anak-anak dan orang tua.

Momen seperti ini pun bisa dihabiskan dengan berbagai ide quality time bareng anak. Yang terpenting, setiap anggota keluarga bisa merasakan adanya kedekatan dan kebahagiaan di sekitar mereka. Lantas, apa sih pentingnya quality time bareng anak ini dan bagaimana cara menerapkannya? Yuk, simak informasi berikut ini.

Manfaat Melakukan Quality Time Bareng Anak

Quality time bareng anak banyak direkomendasikan karena memiliki segudang manfaat yang mungkin saja jarang diketahui. Tahukah kamu bahwa menghabiskan waktu bersama anak secara berkualitas akan membuat psikologi mereka jadi lebih kuat dan matang ketika dewasa nantinya. Bukan hanya itu, terjaganya keseimbangan emosi dan kesehatan jasmani pun juga menjadi manfaat quality time bersama keluarga selanjutnya yang bisa didapatkan.

Yup, anak-anak yang sering menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tua mereka memang cenderung memiliki emosi yang positif. Dengan terciptanya emosi baik inilah, kesehatan tubuh mereka bisa lebih sehat dan berdampak juga terhadap rasa kepercayaan diri yang dimiliki. Adapun manfaat quality time bersama keluarga berikutnya yaitu mampu mendorong komunikasi terbuka antara orang tua dan anak. Ya, waktu berkualitas yang dihabiskan bersama pada nyatanya dapat memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk saling berinteraksi secara langsung, tanpa gangguan dari perangkat elektronik atau aktivitas lainnya.

Saat anak merasa nyaman dan terbuka dengan orang tua, mereka lebih cenderung untuk berbicara tentang pengalaman, perasaan, dan masalah yang mereka hadapi. Dengan demikian, kemungkinan mengalami salah paham antar keluarga jadi lebih kecil dan ini juga dapat menguatkan pondasi dalam keluarga.

Di sisi lain, quality time yang dihabiskan dengan melakukan ragam aktivitas yang merangsang pikiran, seperti membaca buku, memecahkan teka-teki, atau mengeksplorasi alam, faktanya dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif anak-anak. Selain itu, quality time juga merangsang kreativitas mereka. Misalnya, melukis bersama atau membuat proyek seni memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan imajinasi mereka.

Dengan berbagai manfaat tersebut, para orang tua kembali diingatkan tentang pentingnya melakukan quality time bersama anak-anak. Sebab, kesejahteraan serta kebahagiaan anak juga merupakan tanggung jawab besar pada orang tua yang harus dipikul.

Cara yang Bisa Ditempuh untuk Quality Time Bareng Anak

Jika sudah mengetahui beragam manfaat quality time bersama keluarga, apa lagi yang kamu tunggu? Segera ajak anak-anak untuk menghabiskan quality time yang positif dan bermanfaat. Tapi, bagaimana sih cara yang bisa dilakukan biar bisa quality time bareng anak? Do not worry, karena ada sejumlah ide kegiatan yang bisa orang tua coba ketika ingin menghabiskan waktu bersama sang buah hati. Seperti apa ya?

1. Biarkan Anak Memilih Kegiatan Quality Time yang Disukai

Jika ingin menghabiskan quality time bareng anak, cobalah untuk membebaskan dirinya dalam memilih hal-hal yang ingin dilakukan. Pada dasarnya, kegiatan quality time ini juga perlu melibatkan anak-anak. Sehingga, mereka bisa merasa penting dan dibutuhkan dalam perencanaan kegiatan positif ini.

Orang tua yang menghabiskan waktu bersama anak pun juga boleh ikut membantu anak untuk menentukan pilihan kegiatan quality time yang ia sukai. Asal, jangan terlalu ikut memaksakan. Cukup arahkan saja hal-hal yang menarik hati sang buah hati. Setelah itu, biarkan ia memutuskan sendiri pilihan terbaik menurutnya.

Dengan melibatkan anak, agenda quality time yang dilakukan pasti akan lebih bermakna. Sebab, itulah pentingnya melakukan quality time bareng keluarga. Selalu ada kedekatan dan kehangatan yang bisa ditemukan.

2. No Gadget Time

Di saat melakukan agenda quality time bareng anak, sebaiknya jauhkan alat-alat gadget dari pandangan mata. Melakukan hal ini akan membuat waktu bersama anak lebih nyaman dan pastinya berkualitas.

Perlu orang tahu bahwa kehadiran gadget di tengah-tengah waktu keluarga dapat membawakan distraksi atau gangguan. Sehingga, baik anak maupun orang tua dapat kehilangan fokus untuk melakukan quality time keluarga.

Mengingat arti pentingnya melakukan quality time, tentu keberadaan gawai sangat harus dihindari. Dengan begitu, para orang tua bisa memberikan perhatian dan kasih sayang sepenuhnya kepada sang buah hati.

3. Bacakan Ia Cerita Sebelum Tidur

Memulai agenda quality time bareng anak pada dasarnya dapat dilakukan dari hal-hal sederhana terlebih dulu. Misalnya saja, menemani anak tidur sambil membacakan cerita penuh makna dan pembelajaran buatnya. Meskipun simpel, tapi ide quality time bareng anak seperti ini dipercaya ampuh untuk membuat hati anak senang, lho. Anak juga pasti akan meminta lagi dan lagi untuk menceritakan kisah-kisah menarik buatnya.

Inti dari quality time adalah menghabiskan waktu bersama dengan anak. Jadi, semisal para orang tua terlalu sibuk di pagi hingga sore hari, setidaknya luang waktu sebentar untuk sekedar menceritakan kisah yang menyenangkan hati anak-anak. Dengan kegiatan quality time keluarga, anak tentunya nggak akan kehilangan figur orang tua di sisinya.

4. Sesekali Pergilah Keluar Bersama

Jika bosan di rumah saja, cobalah sesekali menghabiskan waktu dan menjalankan quality time bareng anak di luar. Mengingat quality time adalah istilah untuk menggambarkan kebersamaan keluarga, tentunya tempat di manapun itu nggak bakal jadi masalah. Apalagi, karena di luar rumah ada banyak banget kegiatan yang bisa dicoba. Mulai dari berpiknik di taman, bersepeda bareng, berkunjung ke taman bermain, hingga jalan-jalan ke luar kota maupun luar negeri.

Biar lebih mudah dalam melakukan kegiatan quality time seperti ini, orang tua bisa mulai merencanakan perjalanan melalui aplikasi traveling. Adanya aplikasi seperti ini dijamin dapat membuat quality time dengan anak lebih mudah, aman, dan tenang dilakukan. Sebab, selain mudah prosesnya, ada beragam promo menarik yang bikin perjalanan semakin untung. Mau booking tempat penginapan, pesan tiket transportasi, hingga tiket destinasi hiburan, pasti bisa! Tertarik mencobanya?

5. Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Saat waktunya bersih-bersih rumah, cobalah untuk mengajak anak agar terlibat. Kegiatan quality time seperti ini nyatanya bisa membuat bonding semakin erat dan harmonis. Ya, waktu bersama anak yang dihabiskan lewat beragam pekerjaan rumah nyatanya mampu bikin ia menjadi sosok yang lebih mandiri. Quality time keluarga seperti ini pun cocok untuk melatihnya jadi pribadi yang nggak malas dan manja. Yuk, rasakan sendiri manfaat dari menerapkan ide quality time bareng anak satu ini.

6. Ajak Ia Diskusi Tentang Apa yang Disukai dan Nggak Disukai

Menjadi orang tua itu memang nggak mudah. Sebab, baik ibu dan ayah wajib memahami hal-hal yang disukai dan nggak disukai oleh anak. Itulah mengapa, quality time adalah waktu yang tepat untuk bisa memahami isi hati dari sang buah hati. Dengan menghabiskan waktu bersama anak, orang tua akan belajar sedikit demi sedikit untuk mengetahui kegemaran dan hobi yang dimilikinya.

Pentingnya melakukan quality time seperti ini juga mengajarkan para orang tua untuk nggak memaksakan kehendak kepada anak. Sebab, anak-anak yang dipaksakan justru dapat bertumbuh menjadi individu pemberontak dan bahkan mengalami trauma yang mendalam. Itulah mengapa, lakukan quality time dengan anak sesering mungkin, biar hal-hal buruk semacam ini nggak sampai kejadian.

7. Makan Malam Bersama

Menjadikan makan malam bersama sebagai kegiatan quality time adalah hal yang bisa ibu dan ayah coba. Jika makan malam terkesan seperti rutinitas harian biasa, cobalah untuk mengubahnya menjadi momen yang lebih spesial. Kegiatan quality time keluarga ini bisa dilakukan dengan memasak makanan-makanan yang jarang dihidangkan di atas meja makan.

Misal, jika lebih sering memasak makanan nusantara, maka sesekali bisa mengubah menu bersantap jadi makanan khas Jepang atau bisa pula western food. Pentingnya melakukan quality time seperti ini bisa membawa suasana baru dan hangat di dalam rumah. Selain itu, selama kegiatan berlangsung pun, orang tua bisa mengajak anak mengobrol soal pengalaman dan hari-hari yang ia jalani.

8. Lakukan Olahraga Bersama

Kegiatan baik selanjutnya yang bisa dilakukan saat quality time adalah berolahraga. Kegiatan ini, bila dilakukan bersama orang-orang tersayang, pasti akan menjadi pengalaman yang nggak akan terlupakan. Selain sehat bagi tubuh, kegiatan quality time ini pun juga sanggup meningkatkan kualitas hubungan antara anak dan orang tua.

Menariknya, ada banyak banget jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk quality time keluarga. Mulai dari bersepeda, jogging, berenang, hingga main badminton bareng. Jadikan quality time dengan anak satu ini sebagai rutinitas, kalau bisa 1-2 kali dalam seminggu.

9. Dengarkan Keluh Kesahnya

Siapa sangka jika quality time adalah sarana yang baik untuk mendengarkan keluh kesah anak. Ya, saat menjalankan agenda quality time keluarga, para orang tua bisa bertanya kepada anak tentang hal-hal apa saja yang selama ini menjadi keresahannya. Dengan menerapkan ide quality time bareng anak satu ini, sang buah hati pasti bisa lebih terbuka lagi dengan tentang segala hal yang ia alami dan hubungan antar keluarga pun dapat semakin sejahtera serta harmonis.

Well, itu dia beberapa cara untuk mewujudkan quality time dengan anak. Mengingat betapa pentingnya melakukan quality time dan manfaat quality time bersama keluarga, tentunya para orang tua nggak bisa serta merta mengabaikan agenda positif ini. Ingatlah bahwa quality time bukanlah tentang seberapa besar biaya yang orang tua keluarkan, tetapi tentang kualitas interaksi dan kedekatan yang dibangun bersama anak-anak.