Cedera yang dialami bek tengah Manchester United, Harry Maguire, saat bertandang melawan Aston Villa di Stadion Villa Park

oleh -834 views

Cedera yang dialami bek tengah Manchester United, Harry Maguire, saat bertandang melawan Aston Villa di Stadion Villa Park, Minggu (10/5/2021) malam WIB, menghentikan catatan rekornya 71 kali berturut-turut bermain penuh 90 menit di Premier League.

Dalam pertandingan yang dimenangi MU dengan skor 3-1 tersebut, bek tengah andalan Setan Merah ini harus keluar lapangan pada menit ke-78.

Insiden diawali perebutan bola antara Anwar El Ghazi dan striker MU Edinson Cavani di daerah pertahanan MU.

El Ghazi yang sudah kehilangan keseimbangan dan tengah berlari, menerjang Maguire yang memang dalam posisi menghadang. Engkel kaki bek timnas Inggris ini pun cedera.

Setelah mendapatkan perawaan dari tim kesehatan, Maguire masih melanjutkan pertandingan namun akhirnya ia menyerah dan harus digantikan Eric Bailly.

Seperti dikutip dari situs resmi Manchester United, cedera tersebut membuat Maguire kehilangan rekor menit bermainnya di Liga Inggris sejak pindah dari Leicester City.

Rekor yang dimaksud adalah pemain MU yang memainkan pertandingan full time alias 90 menit dan berturut-turut tanpa jeda.

Disebutkan bahwa bek kelahiran 5 Maret 1993 ini telah memainkan 71 pertandingan secara penuh dan berturut-turut.

Sayang pada penampilannya yang ke-72, ia harus keluar lapangan sebelum peluit akhir pertandingan.

Disebutkan pula bahwa dengan hanya mencapai 71 pertandingan maka Maguire hanya dapat menyamai rekor mantan pemain MU, Gary Pallister.

Pallister yang juga bek tengah MU ini menjadi starter dan menyelesaikan 71 pertandingan secara beruntun antara November 1993 dan Mei 1995.

Pallister bergabung dengan Setan Merah pada 1989-1998. Selama periode tersebut ia telah tampail dalam 317 laga dengan 12 gol. Namun demikian, bermain 90 menit penuh secara berturut-turut hanya bisa dilakukannya sampai pada hitungan ke-71.

Ironisnya, penampilan Pallister juga berakhir karena cedera di Villa Park, sama seperti Maguire, tepatnya pada pertandingan pembukaan musim 1995/96.

Maguire tercatat tampil penuh atau dipasang 90 menit pertandingan sepanjang musim 2019/2020, yakni pada 38 laga.

Sedangkan pada musim ini, 2020/2021, ia bermain penuh hingga laga ke-33 pakan lalu karena pekan ini ia cedera di babak kedua pertandingan. Dengan demikian total bermain penuh di Liga Primer Inggris sebanyak 71 kali berturut-turut.

The Red Devils meminang Maguire dari Leicester City Agustus 2019 seharga 80 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,3 triliun. Nilai tersebut membuatnya menjadi bek termahal di dunia.

Pembelian Maguire mengalahkan rekor sebelumnya atas nama bek Liverpool Virgil van Dijk yang dibeli dari Southampton pada Januari 2018 seharga 75 juta poundsterling.

Tak mengherankan Maguire menjadi andalan manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer.

Selain menyandang ban kapten, ia selalu dipasang 90 menit penuh juga di ajang Piala FA, Europa League, maupun Champions.

Pria bertinggi badan 194 cm ini tercatat hanya bermain 45 menit ketika MU mengalahkan Watford 9 Januari 2021 dengan skor 1-0 pada laga ronde ketiga Piala FA.

Sedangkan di ajang Carabao Cup, Maguire tidak masuk skuad pada ronde keempat melawan Brighton. Selebihnya ia bermain penuh selama 90 menit.

No More Posts Available.

No more pages to load.