Cegah Covid-19, Danrem 071/Wijayakusuma Ajak Anggota Berjemur

0 57

 

Banyumas – Sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dapat dilakukan dengan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Untuk itu, Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., usai kegiatan Laporan Korps Kenaikan Pangkat anggota Korem 071/Wijayakusum periode 1 April 2020, mengajak seluruh anggotanya untuk berjemur di bawah terik matahari di Lapangan Apel Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. Rabu (1/4/2020).

Dikatakan Kolonel Dani, berbagai upaya untuk menangkal penyebaran Covid-19 telah dilakukan di lingkungan Korem 071/Wijayakusuma baik di Makorem sendiri maupun diseluruh jajarannya, diantaranya pengecekan suhu tubuh anggota secara berkala, sistem satu pintu keluar dan masuk Ksatrian Makorem 071/Wijayakusuma dimana turut dilakukan cek suhu tubuh dan disinfektan bagi anggota ataupun tamu yang masuk dan keluar ksatrian. Penyemprotan disinfektan dan penyediaan Hand Sanitizer disetiap sudut ruangan lingkungan kantor staf, serta sosialisasi untuk hidup sehat baik kepada anggota maupun segenap masyarakat diwilayah.

Menurut Dani, semua kegiatan tersebut dirasa belum cukup seandainya belum adanya kesadaran untuk meningkatkan sistem imun tubuh anggota. “Kita harus bentengi diri kita sendiri dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, salah satu cara mudahnya dengan berjemur di bawah terik matahari pada pukul 10.00, karena dengan berjemur akan mengaktifkan vitamin D dalam tubuh yang akan mengingkatkan efektifitas metabolisme kalsium sehingga meningkatkan daya tahan tubuh”, katanya.

Mengenai lamanya berjemur, menurutnya, cukup hanya 10-15 menit saja hingga badan merasa cukup hangat.

Selain berjemur, juga menganjurkan anggotanya untuk meminum vitamin C, rajin berolahraga, istirahat teratur dan makan makanan bergizi. “Tujuannya agar kekebalan tubuh tetap stabil karena Covid-19 ini menginfeksi manusia ketika daya tahan tubuhnya lemah”, terangnya.

“Mari kita saling mengingatkan untuk kebaikan bersama dan mengajak keluarga dan orang lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, setidaknya dengan berjemur,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ