CEPAT DAN PROSEDURAL, KUNCI PENTING PROSES SEARCH AND RESCUE

oleh -59 Dilihat

 

Jakarta, 19 Mei 2022Latihan potensi Search and Rescue sangat penting untuk menyiapkan sumber daya manusia yang dapat digerakkan setiap saat dan di mana saja bilamana operasi SAR digelar untuk mendukung keberhasilan operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban kecelakaan pesawat terbang, kapal laut, bencana dan kondisi membahayakan manusia lainnya.

Setelah mendapatkan pembekalan teori dan drill kering, bertempat di kolam dermaga Base Plate, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara para prajurit Satlinlamil 1 yang mengikuti latihan SAR selanjutnya melaksanakan latihan praktek lapangan penyelamatan korban kecelakaan di laut, Kamis (19/5). Seluruh teori yang disampaikan oleh para instruktur dari Dinas Kesehatan Kolinamil, dipraktekkan. Materi yang dipraktekkan meliputi praktek SAR di laut menggunakan sekoci karet dan KAL Nirwana II, praktek water rescue dan praktek evakuasi korban dari laut ke ambulance.

Komandan Satlinlamil 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang yang turut hadir di lokasi latihan praktek lapangan menyampaikan bahwa kegiatan latihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada prajurit Satlinlamil 1 untuk lebih memantapkan dan meningkatkan kemampuannya dalam melakukan pertolongan kepada korban kecelakaan di laut dengan cepat dan tepat untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma mengutarakan latihan praktek SAR di laut ini diselenggarakan oleh Staf Operasi Satlinlamil 1 sebagai salah satu kegiatan pembinaan personel untuk meningkatkan profesionalisme prajurit. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, unsur-unsur KRI jajaran Kolinlamil kerap kali terlibat kegiatan SAR, salah satu diantaranya pencarian dan penyelamatan korban jatuhnya pesawat di Laut Jawa. Dengan terus berlatih, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki prajurit tetap terjaga dan selalu siap untuk ditugaskan dalam operasi SAR.

“Sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, prajurit Kolinlamil harus selalu berlatih dan berlatih sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional.” tegas Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.