CEPAT TANGGAP TNI AL BERHASIL MENGEVAKUASI JENAZAH DI PERAIRAN PANTAI ARUS DAMAI, NIAS SELATAN

CEPAT TANGGAP TNI AL BERHASIL MENGEVAKUASI JENAZAH DI PERAIRAN PANTAI ARUS DAMAI, NIAS SELATAN

Daerah134 Dilihat

 

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 14 Februari 2024,—— Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Nias bersinergi dengan tim Search And Rescue (SAR) gabungan Nias Selatan berhasil mengevakuasi korban yang hilang kontak ketika sedang memancing dilaut di Perairan Pantai Arus Damai, Lagundri, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (12/02).

Kejadian bermula ketika Lanal Nias menerima informasi bahwa adanya 2 orang tenggelam ketika memancing di laut. Menerima informasi tersebut, Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah memerintahkan Pasops Lanal Nias Mayor Laut (P) Hasil Wantoro segera melaksanakan koordinasi dengan instansi setempat untuk bersama-sama melaksanakan pencarian dan evakuasi terhadap korban.

Dalam pelaksanaan SAR, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Lanal Nias, Basarnas, BNPB Nias Selatan dan masyarakat setempat berhasil menemukan 1 orang mayat di sekitar perairan Pantai Arus Damai, Lagundri.

Tim langsung mengevakuasi korban menuju ke pantai Lagundri untuk selanjutnya dibawa ke Puskesmas Lagundri Nias Selatan guna pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil identifikasi oleh tim kesehatan didapatkan data korban atas nama Shokili Wau, usia 47 tahun, pekerjaan Petani, warga dari Botohilatano, Kec. Lagundri, Nias Selatan. Setelah proses identifikasi dari pihak Puskesmas Lagundri Nias Selatan, korban dikembalikan ke pihak keluarga.

Pencarian 1 orang korban yang belum ditemukan akan dilanjutkan pada keesokan harinya, menunggu info lebih lanjut dari tim Basarnas dan BPBD Nias Selatan.

Pada kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespon cepat informasi yang diterima, serta bersinergi dengan instansi terkait guna memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar yang sedang terkena musibah.