Cerdaskan Anak Papua, Satgas Yonif MR 411 Gelar Perpustakaan Keliling di Sota

0 46

 

JAKARTA, – Turut mencerdaskan anak-anak Papua, khususnya yang ada di perbatasan R-PNG, Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad menggelar perpustakaan keliling di sekolah-sekolah wilayah Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 411/PDW, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos.,M.Tr (Han).,dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (22/8/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan yang bertajuk cerdaskan anak bangsa dengan memperluas akses pengetahuan ini, makin menjadikan mereka kritis dalam menghadapi berbagai persoalan.

“Kita menjemput bola dengan mendatangi sekolah yang ada di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, pada Rabu (21/8/2019),” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, sekolah yang pertama kali didatangi perpustakaan keliling dipimpin Komandan Pos Yanggandur, Letda Inf Rizal ini, adalah SD YPPK ST. FX. Yanggandur dan SMP Negeri Yanggandur.

“Tidak hanya siswa tapi para guru juga menyambut dengan antusias, kegiatan ini. Ada sejumlah 117 siswa SD dan SMP dengan penuh keceriaan langsung membaca buku yang disediakan di perpustakaan ini,” jelasnya.

“Kami datangkan perpustakaan keliling untuk membangun minat baca dan memperluas pengetahuan serta wawasan siswa di Kampung Yanggandur,” jelas Rizky Aditya.

Tak hanya membawa buku bacaan tambahnya, Satgas juga memutarkan film perjuangan untuk menumbuhkan motivasi belajar para siswa.

“Ini kita lakukan agar suasananya tidak monoton, diselingi dengan pemutaran film perjuangan,” ucapnya.

Perpustakaan keliling kata Rizky Aditya, merupakan salah satu program Satgas guna memberikan sarana ilmu pengetahuan kepada anak-anak di perbatasan Papua-PNG.

“Berbagai cara kita lakukan untuk menarik mereka supaya terus berprestasi, bahkan kegiatan belajar mengajar di seluruh pos juga sudah terlaksana,” terangnya.

“Kami juga memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak setelah mereka pulang sekolah. Bagi kami ilmu pengetahuan sangat penting dan tidak ada kata terlambat untuk belajar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar YPPK ST. FX. Yanggandur, Emerikus Renyaan, S.Pd., mengungkapkan, bangga dan terima kasihnya kepada Satgas yang begitu peduli dengan pendidikan anak-anak.

“Kehadiran perpustakaan ini sangat disenangi anak-anak, apalagi banyak buku yang tersedia di perpustakaan ini,” tuturnya.

Dirinya pun berharap, kehadiran perpustakaan ini dapat dimanfaatkan anak-anak untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

“Kami yakin dengan tingginya animo anak-anak untuk membaca, ilmu pengetahuan mereka pun kian bertambah. Karena dengan banyak membaca, mereka pun dengan cepat mengerti dan paham akan pelajaran yang disampaikan di sekolah,” pungkasnya. (Dispenad).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ