Coldplay, Dua Lipa, dan The Beatles membantu industri rekaman Inggris memperoleh 519,7 juta poundsterling

oleh -587 views

Coldplay, Dua Lipa, dan The Beatles membantu industri rekaman Inggris memperoleh 519,7 juta poundsterling atau setara Rp 10,4 triliun (kurs Rp 20.116) di luar negeri pada tahun lalu.

Angka tersebut, merupakan rekor tertinggi yang pernah tercatat. Pendapatan ekspor musik di Inggris, tercatat tumbuh sebesar 6% dibandingkan 2019.

“Hal itu dibantu oleh pertumbuhan streaming musik yang eksplosif,” kata asosiasi label rekaman British Phonographic Industry (BPI), seperti dilansir laman BBC, Rabu (16/6/2021).

Satu dari 10 lagu yang dialirkan secara global berasal dari Inggris, dengan 300 artis Inggris menerima 100 juta streaming atau lebih.

Dua Lipa’s Don’t Start Now adalah hit Inggris terbesar pada 2020. Lagu tersebut diputar 1,62 miliar kali secara total. Sementara albumnya yang memenangkan Brit Award bertajuk Future Nostalgia adalah album terlaris ke-10 tahun ini.

Rekor kedua dicetak Harry Styles melalui album Fine Line yang menjadi album terlaris kelima di dunia 2020. Terlepas dari pencapaian ini, tidak ada artis Inggris yang masuk dalam daftar 10 besar terlaris 2021 dari semua daftar.

Hal itu bahkan menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan Inggris untuk menciptakan superstar global di pasar yang semakin kompetitif.

Sebaliknya, daftar itu dipuncaki oleh band k-pop asal Korea BTS, dengan artis lainnya berasal dari Amerika Utara, termasuk The Weeknd, Billie Eilish dan Taylor Swift.

Menurut BPI, Inggris masih merupakan pengekspor musik terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat (AS), tetapi pangsa pasar globalnya telah turun dari 17% pada 2015 menjadi 10% tahun lalu.

Namun, dengan pengecualian album Dua Lipa, 2020 relatif sepi untuk rilisan baru yang besar dari artis-artis Inggris. Meski demikian, tahun ini diprediksi akan berbeda. Mengingat beberapa musisi Inggris dikabarkan tengah menggarap persiapan album baru. Mereka adalah Adele, Ed Sheeran dan Coldplay.

Popularitas global dari aksi klasik seperti The Beatles, Queen, Pink Floyd dan The Rolling Stones juga telah membantu mempertahankan industri musik Inggris pada layanan streaming.

Awal tahun ini, BPI mengumumkan bahwa total pendapatan musik yang tercatat di Inggris telah meningkat sebesar 3,8% pada 2020 mencapai 1,118 miliar poundsterling, sebagian besar didorong oleh pertumbuhan industri streaming.

No More Posts Available.

No more pages to load.