Cor Pertama Tandai Renovasi Total Pembangunan Masjid Ar Ruhama, Masjid Bergaya Modern Go Green di Kelurahan Warakas

oleh -1 Dilihat

 

Masjid Ar Ruhama kembali dibangun pada usianya yang kini menginjak 65 tahun. Renovasi total merancang gaya arsitektur bangunan masjid modern dengan mengusung konsep peduli lingkungan atau Go Green.

Menjadi saksi dimulainya renovasi total pembangunan Masjid Ar Ruhama, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim secara simbolis mengecor salah satu sudut bangunan masjid. Hakekatnya, dikatakan membangun sebuah masjid bukan semata membangun fisik (bangunan) namun membangun Rumah Allah SWT.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara mengapresiasi dan mendukung renovasi total Masjid Ar Ruhama. Pembangunan Rumah Allah SWT ini tanggung jawab kita bersama,” terang Ali dalam sambutannya di Masjid Ar Ruhama, Jalan Warakas II, Gang 1 Nomor 1, RT 002 RW 03, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (8/1).

Ali mengungkap kisah seorang berprofesi sopir dapat menyelesaikan seorang diri dalam membangun sebuah musala di suatu tempat yang enggan disebutkan dimana lokasinya.

Masyarakat yang hadir pun terheran. Ternyata sang sopir berhasil mengajukan sebuah proposal bantuan dana pembangunan musala kepada pimpinan perusahan dirinya bekerja.

“Dari kisah ini saya meminta seluruh jamaah bukan yang hadir di sini saja untuk menyampaikan proposal bantuan dana pembangunan masjid ini kepada siapa saja. Jangan menganggap sebelah mata hanya dari profesinya. Siapa tahu orang tersebut memiliki kenalan donatur untuk dapat membantu pembangunan masjid ini,” ungkapnya.

Di sisi lain Ali berpesan, pembangunan masjid bukan semata unjuk kebolehan (ria) namun masjid harus menjadi tempat syiar agama. Termasuk menjadikan masjid sebagai tempat kemakmuran bagi seluruh masyarakat.

“Diawali memakmurkan tempat ibadah, Insya Allah disekitarnya makmur. Kita harapkan masjid ini menjadi tempat syiar Islam bukan sekadar membangun fisiknya saja, juga bisa membawa kebaikan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ar Ruhama, Zechta Kurnia Santika (30) menyebut renovasi total Masjid Ar Ruhama menargetkan proses pembangunan selama dua tahun dengan perencanaan biaya mencapai enam miliar rupiah.

Masjid yang berdiri di tanah seluas 555 meter persegi direnovasi total dengan gaya arsitektur bangunan modern berkonsep Go Green.

“Jadi nanti lantai pertama itu ada ruang aula serba guna, lantai dua itu ada ruang ibadah, dan lantai tiga itu ada rooftop yang kita manfaatkan dengan pertanian perkotaan seperti hidroponik hingga fasilitas kegiatan positif bagi remaja masjid seperti panahan,” tutupnya

No More Posts Available.

No more pages to load.