Dalam meramaikan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75 digelar rangkaian kegiatan salah satunya Turnamen Catur Online

oleh -850 views

Dalam meramaikan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75 digelar rangkaian kegiatan salah satunya Turnamen Catur Online Tingkat Nasional yang akan berlangsung hari Minggu (4/7/2021) mendatang dengan menggunakan platform Lichess.

Gelaran turnamen catur ini digagas Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran bersama dengan Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Salah satu penggagas Turnamen Catur Online Bhayangkara 2021 Agustiar Sabran menyatakan, turnamen catur masih bisa dilaksanakan yaitu secara online, di mana setiap peserta tidak harus saling berhadapan langsung tetapi melalui media internet atau platform.

“Event ini digelar sebagai implementasi dari transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 yang kembali merebak dengan ditemukannya varian Delta yang telah menyebar di berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Agustiar yang juga Ketua Umum Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan Tengah secara virtual pada Kamis (1/7/2021).

Salah satu platform yang paling diminati para pecatur Indonesia adalah Lichess, karena platform tersebut gratis dan tanpa iklan. “Catur Online Bhayangkara ke-75 ini untuk pelaksanaannya bekerja sama dengan PB Percasi,” imbuh Agustiar Sabran.

Format yang digunakan adalah catur kilat 5 menit tanpa increment, yang mana pemain pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir 5 menit. Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, di mana selama 120 menit tersebut setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin.

Semakin cepat mengalahkan lawan maka semakin cepat pula seorang pemain mengumpulkan angka/poin. Sampai batas waktu 120 menit barulah angka kemenangan setiap pemain akan dijumlahkan.

Dari seluruh peserta babak penyisihan yang diperkirakan akan mencapai ribuan orang, 75 peringkat teratas (sesuai HUT Bhayangkara Tahun 2021) berhak maju ke babak final. Di babak final digunakan sistem pertandingan Swiss 8 babak.

Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini gratis! Bahkan disediakan hadiah bagi para peserta senilai puluhan juta rupiah.

No More Posts Available.

No more pages to load.