Dalam waktu kurang dari 24 jam, Kalimantan Timur (Kaltim) diguncang gempa dengan kekuatan 4,4 magnitudo

Nasional376 Dilihat

Dalam waktu kurang dari 24 jam, Kalimantan Timur (Kaltim) diguncang gempa dengan kekuatan 4,4 magnitudo.

Namun, BMKG Balikpapan hingga kini belum menerima laporan kerusakan akibat gempa berkekuatan 4,4 magnitudo itu.

Gempa berkekuatan 4,4 magnitudo itu terakhir terjadi di Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Berau, Kaltim, Senin (5/6/2023) sekitar pukul 23.13 Wita.

Kuatnya getaran akibat gempa itu sempat membuat sejumlah warga setempat panik dan memilih untuk keluar dari dalam rumah.

Berdasarkan data dari BMKG Balikpapan, selama 24 jam terakhir, terjadi sedikitnya 4 kali gempa yang mengguncang Kabupaten Berau, Kaltim

Kepala Stasiun BMKG Balikpapan, Rasmid mengatakan, gempa dirasakan cukup kuat di wilayah Berau dengan intensitas 3 MMI.

“Telah terjadi gempa bumi pada kekuatan 4,4 magnitudo di wilayab Berau, Kalimantan Timur, sekitar wilayah Sangkulirang, kekuatan 4,4 ini dirasakan di wilayah Berau,” kata Rasmid saat ditemui reporter Beritasatu.com di kantornya, Selasa (6/6/2023).

Menurutnya, gempa yang mengguncang Kabupaten Berau itu merupakan dampak dari aktivitas sesar Mangkaliat, yang diklaim masih sangat aktif. Bahkan, dalam waktu 24 jam terakhir, telah terjadi 4 kali gempa yang mengguncang Kabupaten Berau.

“Ini memang adalah aktivitas dari sesar Mangkaliat, memang di situ daerah aktif. Jadi sejak siang telah terjadi gempa, kemudian malamnya kembali terjadi gempa. Selama 24 jam kemarin, wilayah Kalimantan timur bagian Sangkulirang telah diguncang gempa sebanyak 4 kali,” imbuhnya.https://www.beritasatu.com/nusantara/1049373/dalam-24-jam-kaltim-diguncang-4-kali-gempa/2#:~:text=BMKG%20mengimbau%20kepada,energi)%20itu%2C%22%20pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *