Dan STTAL Resmi Membuka Masa Orientasi Mahasiswa Baru TA 2021

oleh -130 views

 

TNI AL-STTAL Surabaya. Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., secara resmi membuka kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa (MOM) S1 Angkatan XLII dan D3 Angkatan XVII STTAL yang dilaksanakan secara daring, Senin, 21 Juni 2021. Komandan STTAL yang didampingi Ka BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) STTAL, Mayor Laut (P) Rifki Najib, S.T., di Rupat Gedung Soewarso Kampus STTAL Bumimoro Krembangan Surabaya, mengemukakan bahwa kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru di STTAL selain sebagai sarana untuk pengenalan lingkungan kampus, juga bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal. Kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa kegiatan orientasi ini juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam melaksanakan tugas belajar, mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus STTAL, khususnya yang terkait dengan kode etik dan tata tertib mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa korsa dikalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib dan dinamis.

Disamping tujuan-tujuan yang dijelaskan dalam sambutan Komandan STTAL tersebut, kegiatan orientasi mahasiswa baru di STTAL ini juga mempunyai beberapa fungsi yang melekat, yaitu fungsi orientasi bagi mahasiswa baru, fungsi komunikatif antar civitas akademika, fungsi normatif dalam pemahaman dan pengamalan aturan-aturan yang berlaku, serta fungsi akademis sebagai pengembangan intelektual, bakat, minat, dan kepemimpinan bagi mahasiswa. Sehingga kegiatan orientasi ini juga bisa digunakan sebagai sarana pembinaan terhadap bakat dan keahlian para mahasiswa baru, baik dari segi kemampuan akademik, seni, olahraga, dan bidang lainnya sehingga dapat bermanfaat untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan positif di kemudian hari, baik selama melaksanakan tugas belajar di STTAL maupun di tempat tugas masing-masing setelah menjadi alumni.

Ka BEM STTAL, Mayor Laut (P) Rifki Najib, S.T., disela-sela usai Pembukaan MOM yang mendampingi Komandan STTAL, mengungkapkan bahwa kegiatan orientasi mahasiswa pada tahun ini dilaksanakan secara online sebagai salah satu upaya kita untuk mencegah, menghindari dan memutus rantai penyebaran virus corona di lingkungan STTAL. Diharapkan nantinya pada akhir masa orientasi, kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosial dapat tumbuh dan berkembang untuk mendukung kesuksesan dalam belajar dan berkarya selama masa pendidikan di STTAL, ungkap Mayor Rifki.

No More Posts Available.

No more pages to load.